Performance marketing adalah sebuah istilah yang secara sederhana dapat dikaitkan dengan metode strategi pemasaran digital yang berfokus pada hasil atau kinerja kampanya iklan. Tujuannya sendiri adalah untuk mengidentifikasikan serta mengoptimalkan upaya pemasaran yang paling efektif sehingga dapat meningkatkan konversi. Penting untuk memahami apa itu performance marketing khususnya di era digital yang terus berkembang sekarang ini.
Sangat penting untuk memahami apa itu performance marketing di era sekarang ini. Perbedaan utama antara pemasaran konvensional dengan jenis marketing yang satu ini terletak pada fokusnya, Performance marketing berfokus pada ukuran kinerja dan ROI. Di era dimana marketing digital sudah mulai menjadi praktik pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan, maka peran performance marketing menjadi penting untuk mengukur hasil dari kampanye iklan yang dijalankan.
Dalam performance marketing, tujuan pemasaran ditetapkan dengan jelas dan dapat diukur berdasarkan jumlah klik, tayangan iklan, atau nilai transaksi. Data – data yang didapatkan membantu tim pemasaran untuk mengukur sejauh mana efektivitas kampanya yang dijalankan dan mengevaluasi kembali untuk meningkatkan kinerja iklan.
Baca juga penjelasan mengenai apa itu digital marketing
Performance marketing melibatkan berbagai metode dan kanal pemasaran digital untuk mencapai tujuan kinerja yang ditentukan. Beberapa di antaranya termasuk:
Performance marketing mencakup berbagai metode serta kanal pemasaran digital dalam menjalankan kampanye pemasaran. Berikut adalah metode dan kanal yang digunakan:
Performance marketing adalah metode oemasaran yang berfokus pada pengukuran dan peningkatkan kinerja kampanya iklan dengan tujuan untuk meningkatkan ROI. Setiap kampanye dipandang sebagai investasi yang harus bisa memberikan hasil pada bisnis. Berikut adalah cara kerja dari metode marketing jenis ini:
Langkah pertama dalam menjalankan kampanye adalah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Tujuan dapat berbagai macam mulai dari meningkatkan pnjualan, jumlah prospek, pengunduhan aplikasi, dan lain sebagainya sesuai dengan tujuan dari bisnis. Setelah ditentukan, maka KPI ditetapkan untuk mengukur kinerja kampanya apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak.
Target audiens perlu diidentifikasi karena iklan yang dijalankan harus tepat sasaran. Oleh karena itu, perlu ditentukan audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Penetapan audiens meliputi demografi, preferensi, perilaku, serta kebiasan pembelian audiens potensial. Sehingga, produk atau jasa yang ditawarkan bisa sampai kepada orang yang tepat.
Langkah selanjutnya adalah memilih kanal pemasaran digital yang diinginkan sesuai dengan tujuan dari kampanye iklan. Kanal pemasaran yang umum digunakan adalah Google Ads, Facebook Ads, Instagram, Twitter, email marketing, dan lain sebagainya. Setiap kanal memiliki keunggulan masing-masing sehingga harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan dari kampanya iklan yang akan dijalankan.
Selanjutnya adalah proses pembuatan materi iklan mencakup konten dan materi promosi yang menarik dan relevan bagi audiens. Pembuatan konten menggunakan metode penelitian pasar dan data perilaku pengguna untuk menciptakan iklan yang efektif. Teknik A/B testing juga digunakan untuk menguji variasi iklan dan konten untuk menentukan iklan jenis apa yang menghasilkan kinerja terbaik.
Setiap kampanye iklan yang dijalankan dipantau untuk melacak kinerjanya secara real-time. Data yang dikumpulkan pun meliputi jumlah klik, tayangan iklan, konversi, biaya per klik dan metrik lainnya. Analisis data ini berguna untuk memberikan wawasan tentang bagaimana performa kampanya ketika dijalankan serta membantu pengiklan mengevaluasi kembali aspek mana yang berjalan dengan baik dan mana yang perlu diperbaiki.
Berdasarkan hasil dari analisis data kampanye iklan yang dijalankan, maka dilakukanlah proses optimasi dan perbaikan kembali. Kampanya iklan beserta isinya dievaluasi kembali dan ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Proses ini meliputi pengoptimalan kata kunci, perubahan sasaran iklan, penyesuaian anggaran, hingga perubahan konten.
Kampanya iklan terus dipantau secara berkala dan dilakukan pelaporan terkait performa dari iklan yang dijalankan. Laporan ini berisi data performa kampanya iklan serta analisis yang releban untuk memastikan bahwa tujuan KPI tercapai.
Dengan pendekatan ini beserta seluruh tahapannya, perusahaan dapat memaksimalkan efektivitas kampanye mereka hingga berhasil mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan serta mengoptimalkan ROI mereka.
Performance marketing sendiri menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan, berikut adalah manfaat dari performance marketing untuk bisnis:
Performance marketing telah menjadi salah satu elemen yang penting dalam dunia pemasaran digital. Dengan berfokus pada pengukuran performa dan kinerja, maka perusahaan dapat mencapai hasil dari kampanye iklan yang dijalanakn dengan lebih baik dan efisien. Seiring .dengan perkembangan teknologi dan analitik, dunia pemasaran digital akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi bisnis.
Ketika teknologi semakin menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, voice assistant muncul sebagai solusi inovatif…
Pernahkah Anda bertanya-tanya, dari mana bisnis mendapatkan uang untuk tetap beroperasi? Atau bagaimana cara memastikan…
Dalam dunia kerja yang terus berkembang, efisiensi dan produktivitas menjadi dua aspek yang tidak bisa…
Dalam dunia bisnis, distribusi produk adalah salah satu aspek paling krusial untuk memastikan barang sampai…
Inventaris adalah bagian penting dari operasional bisnis yang tidak boleh diabaikan. Baik Anda menjalankan bisnis…
Engineering atau teknik adalah sebuah bidang yang memiliki peran sentral dalam kemajuan peradaban manusia. Dari…