fbpx

Apa Itu SEO Website? Pengertian, Cara Kerja, Hingga Manfaatnya

Bagi Anda yang telah berkecimpung dalam dunia digital marketing, maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO website ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup menarik untuk mendapatkan pelanggan.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Hal ini karena SEO dapat mendorong suatu website berkocol di halaman terdepan mesin pencarian seperti Google untuk mendapatkan banyak traffic pengunjung.

Pastinya hal tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan yang telah menerapkan strategi pemasan yang satu ini. Lebih jauh lagi, sang pemasar tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk menjalankan strategi marketing ini.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan saat ini beralih untuk menjakanlan kampanye pemasarannya dengan menggunakan metode SEO website.

Agar Anda dapat memahami lebih dalam mengenai metode pemasaran SEO, artikel ini akan membahasnya mulai dari pengertian, cara kerja, hingga manfaatnya. Simak ulasan artikel berikut ini!

Apa Itu SEO Website?

SEO website
SEO website

Menurut Moz, search engine optimization atau SEO adalah sebuah praktik pemasaran dengan cara meningkatkan visibilitas dan ranking sebuah website di dalam mesin pencarian atau search engine.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena dengan meningkatkan visibilitas website, maka pelanggan akan dengan mudah menemukan website dengan lebih mudah.

SEO itu sendiri merupakan metode-metode yang berusaha untuk meningkatkan peringkat situs perusahaan dalam hasil pencarian organik atau tidak berbayar di mesin pencarian.

Umumnya, di Indonesia sebagian besar masih menggunakan mesin pencarian Google sebagai mesin pencarian utama. Namun, SEO tidak hanya terbatas pada Google saja, melainkan beberapa mesin pencarian lain seperti Bing, Yandex, Baidu, dan lain-lain.

Strategi pemasaran SEO ini menjadi hal yang tidak perlu diragukan lagi bagi Anda yang memiliki website usaha dan ingin meningkatkan lebih banyak traffic secara organik.

Baca juga: 10 Tools Digital Marketing yang Bisa Anda Coba Pahami

Beragam Jenis SEO

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa SEO merupakan sebuah strategi yang dilakukan untuk meningkatkan traffic dari sebuah website sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

Tentunya ada beragam cara yang perlu diketahui oleh seorang marketer dalam menjalankan strategi SEO website ini.

Secara umum terdapat empat jenis dari SEO yang dikategorikan sesuai dengan cakupannya masing-masing. Berikut beberapa jenis SEO yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. On-page SEO

Salah satu jenis SEO yang paling umum diketahui oleh para marketer ialah on-page SEO. Hal ini mencakup bidang content marketing umum.

Sesuai dengan namanya, on-page SEO lebih berfokus pada upaya peningkatan kualitas konten di sebuah website agar mendapatkan hasil yang optimal di mesin pencarian.

Beberapa hal umum yang biasanya dioptimalkan dalam on-page SEO seperti keyword, header, meta description, title, featured image, dan lain-lain.

Untuk menjalankan metode on-page SEO ini diperlukan riset kata kunci yang mendalam terhadap tren dan potensi traffic yang akan didapat. Selain itu, seorang marketer juga perlu mengoptimalkan beberapa hal seperti metadata, internal dan external linking.

2. Off-page SEO

Selain on-page SEO, terdapat jenis off-page SEO yang berguna untuk membantu website lebih optimal namun tidak terdapat dalam situs web.

Off-page SEO mendorong untuk menciptakan kredibilitas serta eksposur website yang nantinya dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung dan penjualan.

Taktik yang paling umum dilakukan dalam off-page SEO yaitu link building. Strategi ini memungkinkan membuat website lain yang terkemuka menautkan link kepada website Anda. Sehingga memberikan kredibilitas kepada website Anda sendiri.

3. Technical SEO

Jenis SEO yang satu ini merupakan salah satu yang perlu dilakukan oleh seorang seo specialist yang profesional.

Pada dasarnya technical SEO mengacu pada upaya peningkatkan user experience (UX) untuk mempermudah search engine merayapi situs web dan memberikan penilaian yang bagus.

Meskipun demikian, algoritma dari mesin pencari selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga seorang marketer harus memahami pembaruan yang terus terjadi.

Inti dari technical SEO yaitu untuk memastikan tidak ada masalah dalam proses crawlability dan UX situs web.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam technical SEO adalah kecepatan situs, mobile friendliness, dan struktur web.

4. Local SEO

Jenis terakhir dari SEO adalah local SEO yang hingga sampai saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan salah satu strategi SEO ini.

Local SEO merupakan strategi yang cukup populer digunakan yang lebih berfokus pada peningkatan visibilitas terhadap lokasi bisnis tertentu. Hal ini sesuai lokasi daerah masing-masing perusahaan yang dapat membantu mempromosikan produk atau layanan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah alamat, jam buka, deskripsi, hingga ulasan dan foto produk yang ingin Anda jual.

Mesin pencari nantinya akan memberikan rekomendasi atas dasar tingkat relevansi, kedekatan, hingga keunggulan yang didasarkan pada permintaan pencarian pengguna.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja SEO?

Cara kerja SEO
Cara kerja SEO

Setelah Anda mengetahui pengertian hingga jenis-jenis search engine optimization (SEO), maka penting juga untuk mengetahui cara kerja SEO.

Untuk mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian di mesin pencari tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada beberapa hal yang perlu Anda kerjakan agar situs web Anda menjadi optimal bagi mesin pencari, sebagai berikut:

Crawling

Proses pertama yang dilakukan oleh mesin pencari adalah melakukan crawling terhadap situs web yang Anda miliki. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website untuk diolah lebih lanjut.

Pastikan semua halaman pada website yang Anda miliki dapat dicrawling oleh mesin pencari untuk memudahkan mesin pencari memeringkat website Anda.

Indexing

Setalah mesi pencari melakukan crawling pada situs web, maka tahapan selanjutnya adalah menyimpan seluruh informasi tersebut ke dalam entry list.

Ranking

Tahap terakhir dari cara kerja SEO adalah ranking dimana mesin pencari akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan faktor-faktor yang dibutuhkan untuk menampilkan konten yang sesuai dengan relevansi kata kunci yang diketik.

Semakin baik kualitas konten yang Anda miliki, maka semakin besar kemungkinannya untuk diberi peringkat atau ranking dari mesin pencari.

Manfaat Teknik SEO

Terdapat beberapa manfaat menggunakan metode SEO bagi pemasaran yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Traffic

Traffic merupakan hal yang sangat disasar ketika seorang marketer melakukan teknik SEO. Trafik organik tersebut nantinya sangat berguna untuk meningkatkan penjualan melalui website Anda.

Tentunya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk keperluan iklan atau ads untuk menjalankan sebuah promosi iklan. Ini karena trafik pengunjang yang datang berasal dari jalur organik atau gratis.

2. Meningkatkan Penjualan (Konversi)

Tujuan akhir dari sebuah pemasaran adalah penjualan. Dengan menggunakan tenik SEO, maka sebuah situs web akan mendapatkan lebih banyak pengunjung secara organik yang nantinya akan berpengaruh baik terhadap penjualan (konversi).

Namun, Anda perlu memastikan menargetkan kata kunci yang memungkinkan mendapat pengunjang yang berniat untuk membeli sebuah produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Menjangkau Pengguna Lebih Luas

Tidak hanya berfokus pada penjualan, menggunakan teknik SEO website juga dapat membantu menjangkau pengguna atau user lebih luas lagi.

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membuat konten informasi umum yang dioptimasi untuk mendapatkan trafik pengunjung secara luas. Baik mereka yang berniat untuk membeli sebuah produk dan bagi mereka yang hanya sekedar ingin mendapatkan informasi dari konten yang kita miliki.

4. Memperoleh Keuntungan Bisnis Jangka Panjang

Berbeda dengan sistem ads atau iklan, SEO memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu panjang. Misalnya saja konten yang Anda telah buat mendapatkan peringkat satu dalam mesin pencarian Google. Maka, bisa jadi konten terus bertahan lama pada halaman terdepan Google dan terus menerus mendapatkan trafik organik yang bagus.

Inilah mengapa SEO webiste seringkali dihubungkan dengan teknik pemasaran sekaligus investasi dalam jangka panjang yang akan terus memberikan keuntungan bisnis.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai SEO website yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan trafik serta penjualan. SEO saat ini menjadi pilihan strategi marketing yang terbukti ampuh untuk mendatangkan calon pelanggan.

Semoga artikel ini bermanfaat!