Business Plan: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Business Plan merupakan langkah yang penting bagi perusahaan

Sebagai calon entrepreneur disarankan untuk merancang konsep usaha yang akan dibangun terlebih dahulu. Business plan merupakan salah satu langkah yang dapat anda terapkan agar bisnis anda bisa berhasil. Sangat penting untuk membuat Business Plan sebelum membangun usaha.

Sebuah Business Plan menjadi salah satu bagian penting. Misalnya, ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengidentifikasi target pasar Anda dan cara mereka cocok dengan produk Anda. Untuk memiliki bisnis yang sukses, seseorang harus mengetahui arah dan tujuan bisnis mereka. Untuk melakukan ini, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda membuat rencana bisnis.

Sebagai seorang entrepreneur perlu dipersiapkan semaksimal mungkin ketika menjalankan bisnis. Mereka harus menyadari risiko seperti tidak memiliki cukup dana, kurangnya pengalaman, dan tidak memiliki rencana pemasaran yang baik. Jika mereka sepenuhnya siap, mereka dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis mereka.

Perencanaan bisnis yang baik dapat membuat bisnis Anda semakin sukses. Namun, sebelum membuat rencana bisnis, Anda harus terlebih dahulu menentukan target pasar untuk bisnis Anda. Untuk mengetahui apa ini, pertama-tama Anda harus tahu bagaimana mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda. Hal ini akan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan apa yang dapat ditawarkan perusahaan Anda kepada orang-orang tertentu.

PENGERTIAN BUSINESS PLAN

Dalam membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang, penting bagi anda untuk menguraikan rencana pemasaran untuk bisnis secara detail sebelum Anda mulai berinvestasi. Keuangan juga harus dipersiapkan dan dirinci sehingga Anda memahami apa yang Anda hadapi kedepannya.

Saat membuat rencana bisnis, penting untuk memiliki pemikiran dan keputusan yang tepat. Rencana bisnis membantu bisnis mencapai tujuan jangka panjang dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang kelayakan penerapan strategi tertentu atau berinvestasi di bidang yang mungkin tidak sesukses ini.

MANFAAT BUSINESS PLAN

  • Membantu dalam mengambil keputusan Saat Anda memulai suatu bisnis, tentunya banyak tantangan yang mungkin akan dihadapi. Misalnya, mengembangkan produk baru, merekrut tenaga kerja, masalah finansial, dan lainnya. Hal tersebut diperlukan pengambilan keputusan tepat, maka dari itu salah satu manfaat dari business plan adalah dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.
  • Mengatur keseluruhan sistem keuangan perusahaan Selain itu, business plan juga dapat membantu Anda dalam merencanakan sistem keuangan perusahaan yang baik. Tujuannya, agar kedepannya Anda terhindar dari kesalahan dalam penyusunan keuangan dan kerugian.
  • Membantu mendapatkan investor lebih banyak Terakhir, manfaat paling penting dari business plan adalah dapat membantu Anda untuk mendapatkan investor lebih banyak. Hal itu sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, apalagi bisnis yang baru dirintis memerlukan dukungan dari para investor agar bisnis yang Anda dirikan semakin sukses.

CARA MEMBUAT BUSINESS PLAN

Sebagai pedoman jalannya usaha, tentu Anda harus mengerti betul bagaimana cara membuat bisnis plan yang benar. Bagaimana caranya? Perhatikan langkah-langkah berikut.

Lakukan Banyak Riset

Penentuan sektor bisnis, produk, target pasar hingga teknik marketing tentu harus dipersiapkan dengan matang mengingat antara satu dan lainnya perlu kesesuaian yang baik.

Itulah sebabnya, memperbanyak riset sebelum peluncuran produk penting dilakukan. Anda juga dapat memahami gerakan pesaing sehingga nantinya mengerti langkah apa yang harus diambil.

Buat Profil Perusahaan

Konsumen akan menggunakan produk ataupun jasa dari perusahaan yang mereka anggap punya nilai kredibilitas yang baik. Oleh karena itu, membangun profil perusahaan perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya soal nama instansi, Anda juga harus memikirkan citra perusahaan seperti apakah yang ingin diciptakan.

Tentukan Proyeksi Bisnis

Adanya arah proyeksi dalam contoh bisnis plan akan mempermudah stakeholder maupun pemiliknya untuk menentukan langkah-langkah sesuai demi mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, buat visi misi yang jelas agar tujuan perusahaan dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang agar dapat terwujud.

Siapkan Kebutuhan Dokumen

Bagi Anda yang ingin menarik investor, melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan adalah hal wajib. Bagaimana tidak, seseorang pasti hanya akan mau menanamkan modalnya di perusahaan dengan legalitas yang jelas. Dokumen-dokumen tersebut meliputi arus kas, lisensi hingga catatan laporan keuangan dan lain sebagainya.

Buat Deskripsi Produk dan Layanan yang Jelas

Untuk meyakinkan konsumen, Anda perlu menjelaskan secara rinci tentang deskripsi produk maupun jasa yang ditawarkan. Deskripsi produk ini dapat meliputi cara kerjanya, latar belakang penciptaannya, alasan pemilihan model bentuk dan kemasan hingga penjelasan mengapa barang tersebut jauh lebih unggul dari produk sejenisnya.

Susun Marketing Plan

Produk yang keren akan terlihat biasa saja bila tidak dibarengi dengan teknik pemasaran yang hebat. Itulah sebabnya, merencanakan strategi marketing memang perlu dilakukan agar produk Anda lebih dilirik konsumen. Caranya, susun marketing plan yang kiranya sesuai dengan latar belakang dan tujuan produk.

Sesuaikan Target Pembaca

Artinya, buatlah beberapa versi kerangka bisnis plan sesuai dengan keperluannya. Rancangan bisnis yang ditunjukkan pada investor tentu akan berbeda dengan yang akan ditampilkan ke publik. Meski demikian, tetap perhatikan poin-poin utama isi sesuai dengan cara membuat bisnis plan yang benar.

Itulah cara membuat bisnis plan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Perhatikan setiap isi dan komponennya dengan baik, meski dengan latar belakang bisnis plan sederhana sekalipun