Pahami Kecerdasan Buatan dan Apa Manfaatnya

Teknolog kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang sedang berkembang pesat

Kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang sebenarnya sudah lama terdengar. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence dalam istilah bahasa inggrisnya, merupakan sebuah teknologi canggih yang sangat membantu manusia. Anda mungkin sering menonton film – film fiksi ilmiah dimana banyak ditampilkan karakter robot yang mampu bergerak sendiri secara otomatis, atau komputer yang dapat berbicara memberikan informasi kepada manusia yang menggunakannya, hal tersebut adalah contoh dari teknologi kecerdasan buatan. Sekarang ini, seiring dengan semakin majunya perkembangan teknologi yang pesat, teknologi canggih yang ditampilkan di film fiksi ilmiah tersebut pelan – pelan sudah mulai terealisasikan di kehidupan kita sekarang ini.

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang menjadi topik yang sedang hangat diperbincangkan. Perusahaan – perusahaan teknologi sedang gencar mengembangkan teknologi tersebut untuk berbagai macam kebutuhan, dari mulai industri besar sampai kebutuhan sehari – hari. Hampir semua orang termasuk anda pastinya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi sehari – hari. Anda pasti tahu apa itu Google Voice Assistant dan Siri. Kedua teknologi tersebut adalah salah satu contoh kecil dari teknologi tersebut untuk kebutuhan sehari – hari. Anda bisa menggunakan teknologi Google Voice Assistant atau Siri untuk berbagai macam hal, seperti menanyakan suatu informasi, menanyakan jalan, rekomendasi restoran terdekat, dan lain sebagainya.

Teknologi kecerdasan buatan banyak digunakan untuk berbagai macam tujuan
source: unsplash

Definisi dari teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence itu sendiri bisa dipahami sebagai sebuah teknologi dimana sebuah mesin atau perangkat lunak yang sudah dimasukkan model pemrograman simulasi kecerdasan yang dimiliki manusia. Jadi, simulasi kecerdasan manusia tersebut diprogram kedalam mesin atau perangkat lunak. Sehingga, sebuah mesin atau perangkat lunak akan memiliki kecerdasan seperti layaknya manusia. Mesin atau perangkat lunak tersebut bisa bekerja sebagaimana manusia.

Baca juga: Facial Recognition Kegunaannya Bagi Perusahaan Anda?

Manfaat dari Penggunaan Kecerdasan Buatan atau AI

Kecerdasan buatan sekarang ini sudah menjadi teknologi yang penting. Perusahaan – perusahaan berlomba – lomba untuk mengembangkan teknologi tersebut untuk berbagai macam tujuan. Hal tersebut tentunya karena teknologi kecerdasan buatan sangatlah bermanfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan kecerdasan buatan:

  • Teknologi Kecerdasan Buatan dapat Menghemat Waktu dan Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Salah satu manfaat yang sangat terasa dari penggunaan kecerdasan buatan adalah dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Anda bisa melakukan pekerjaan dengan cepat dengan bantuan teknologi tersebut. Pekerjaan – pekerjaan seperti analisis data tentunya akan sangat terbantu dengan adanya teknologi tersebut. Selain itu, teknologi tersebut juga dapat difungsikan sebagai asisten virtual, seperti layanan chatbot yang dapat memberikan informasi secara cepat kepada konsumen. Tentunya dengan cepatnya pekerjaan dapat sangat menghemat waktu. Sehingga, produktivitas akan lebih meningkat dan pekerjaan menjadi lebih efisien.

  • Otomatisasi Pekerjaan

Berhubungan dengan manfaat kecerdasan buatan untuk meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu, salah satu manfaat lainnya dalam penggunaan teknologi tersebut adalah mengotomatisasi pekerjaan. Semua pekerjaan – pekerjaan yang bersifat repetitif atau berulang bisa diotomatisasi sehingga manusia bisa fokus kepada pekerjaan lain yang lebih kompleks. Tentunyaotomatisasi ini dapat bermanfaat untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Manusia sudah tidak perlu lagi membuang waktu untuk melakukan pekerjaan – pekerjaan yang repetitif, cukup dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Manusia pun bisa lebih memfokuskan waktunya kepada hal lain yang lebih penting dan kompleks.

  • Meningkatkan Keamanan dan Menghindari Penipuan

Teknologi kecerdasan buatan juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan dan menghindari penipuan. Anda bisa memanfaatkan teknologi face recognition yang berguna untuk meningkatkan keamanan akses. Contohnya adalah smartphone, dimana sekarang ini smartphone premium sudah menggunakan fitur face recognition untuk keamanan. Fitur tersebut bisa mengenali wajah anda dan memastikan bahwa hanya wajah anda saja yang dapat terdeteksi. Sehingga, hanya anda yang bisa mengakses smartphone anda. Penerapan face recognition tersebut juga bisa diterapkan di bidang keamanan seperti untuk pengenalan wajah melalui CCTV. Jika ada suatu kejahatan dan wajah pelaku tertangkap oleh kamera, maka akan dengan mudah dikenali siapa pelaku tersebut.

Selain teknologi face recognition, teknologi kecerdasan buatan bisa berguna untuk mendeteksi jika ada percobaan penipuan. Teknologi tersebut bisa mendeteksi jika ada gerak – gerik yang tidak wajar dan akan langsung mengeluarkan peringatan dan meminta bukti identifikasi. Tentunya dengan adanya penerapan teknologi informasi untuk keamanan, akan sangat membantu industri – industri vital seperti keuangan. Dengan adanya teknologi yang bisa mendeteksi jika ada tanda – tanda kejahatan dengan cepat, segala bentuk kejahatan bisa dicegah.

Contoh AI yang Sudah Berjalan Sekarang Ini

Berikut adalah contoh kecerdasan buatan yang sudah banyak digunakan baik untuk kebutuhan sehari – hari maupun industri:

  • Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti ojek online atau taksi online sudah menjadi sarana umum yang populer digunakan di kota besar. Bahkan, kota kecil pun sudah banyak terjamah oleh aplikasi transportasi online tersebut. Transportasi online adalah salah satu contoh dari penerapan teknologi kecerdasan buatan pada saranan transportasi. Teknologi yang digunakan oleh aplikasi transportasi online sangat memudahkan anda ketika hendak berpergian. Ketika anda memesan baik ojek maupun taksi online, aplikasi tersebut secara otomatis langsung mencari pengemudi yang posisinya paling dekat dengan anda. Bahkan, anda juga bisa memesan makanan melalui aplikasi tersebut dan secara otomatis aplikasi akan merekomendasikan restoran – restoran yang paling dekat dengan anda. Sehingga, anda bisa bepergian dan memesan makanan dengan lebih cepat dan mudah.

  • Teknologi Chatbot

Teknologi chatbot adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang juga sedang marak digunakan sekarang ini. Teknologi chatbot dapat memberikan fitur chat secara otomatis untuk memudahkan dan mempercepat komunikasi dengan konsumen. Sehingga, pekerjaan seperti merespon pesan – pesan bisa sangat terbantu oleh fitur tersebut. Sekarang ini, sudah banyak perusahaan – perusahaan teknologi yang mengembangkan teknologi chatbot tersebut untuk berbagai macam industri yang membutuhkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa fitur chatbot yang didasarkan pada teknologi kecerdasan buatan sedang berkembang pesat.

  • Teknologi Voice Assistant

Teknologi voice assistant juga merupakan salah satu contoh teknologi kecerdasan buatan yang sudah terintegrasi pada smartphone baik berbasis Android maupun IOS. Teknologi tersebut berperan sebagai asisten pribadi bagi penggunanya. Anda hanya tinggal mengaktifkan perintah suara pada smartphone anda dan anda bisa mencari berbagai informasi, dari arah jalan, restoran terdekat, judul lagu maupun film, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu repot – repot berselancar di internet untuk mencari informasi, cukup dengan suara anda saja anda sudah bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan.

Teknologi voice assitant tersebut juga banyak terintegrasi pada teknologi smart home. Anda bisa menggunakan suatu alat berukuran kecil seperti Alexa atau Google Assistant dan anda bisa mengontrol rumah anda. Menyalakan dan mematikan lampu, TV, mengatur alarm, hingga membacakan berita bisa dilakukan hanya dengan perintah suara dari anda. Tentunya fitur tersebut membuat anda menjadi lebih mudah dan efisien dalam mengontol semua barang elektronik yang ada di rumah anda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas beserta contohnya, teknologi kecerdasan buatan sekarang ini sudah sangat berkembang. Perusahaan – perusahaan sekarang ini sedang banyak mencari para praktisi IT yang memiliki skill AI, sehingga membuat pekerjaan yang berhubungan dengan AI menjadi sangat dicari. Oleh karena itu, bagi anda yang merupakan praktisi teknologi informasi, bisa mempertimbangkan untuk mempelajari AI karena kesempatan kerja di bidang ini sedang sangat besar. Kedepannya nanti, mungkin saja kita akan hidup berdampingan dengan robot – robot canggih yang bisa berpikir layaknya manusia.