Simak Pengertian dan Job Desk Digital Marketing

Job desk digital marketing pada intinya sama seperti pekerjaan marketing atau pemasaran pada umumnya. Hanya saja, orang yang berprofesi di bidang digital marketing berfokus pada aktivitas – aktivitas pemasaran secara digital di media sosial, blog, website, mesin pencarian dan lain sebagainya yang terhubung dengan internet. Job desk digital marketing akan banyak berkutat dengan berbagai macam digital platform untuk menjalankan aktivitas pemasaran dari sebuah bisnis.

job desk digital marketing bervariasi tergantung kebutuhan setiap perusahaan
Job desk digital marketing banyak berkutat pada berbagai digital platform

Metode digital marketing sekarang ini memang sudah menjadi trend seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah serba digital. Mulai dari bisnis berskala kecil hingga besar sudah menggunakan metode yang satu ini. Metode digital marketing menawarkan berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional, seperti biaya yang lebih murah dan jangkauan yang lebih luas dan akurat.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Tujuan, dan Strateginya

Orang yang bekerja di bidang ini biasa disebut sebagai digital marketing specialist. Orang tersebut bertanggung jawab atas segala aktivitas pemasaran digital dari sebuah perusahaan. Profesi digital marketing specialist juga termasuk pekerjaan yang banyak diminati di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini. Profesi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berkarir di dunia teknologi tanpa harus memiliki latarbelakang ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak.

Sebenarnya, digital marketing specialist lebih bersifat umum, banyak juga orang yang bekerja di dunia ini tetapi lebih fokus pada spesialisasinya seperti social media specialist, SEO specialist, email marketing specialist, atau content marketing specialist. Tetapi, terkadang seorang digital marketing specialist juga ikut terlibat atau setidaknya harus paham berbagai spesialisasi yang ada di dunia digital marketing. Pada artikel kali ini, akan dibahas job desk digital marketing yang secara umum

Job Desk Digital Marketing

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang digital marketing specialist, maka Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu job desk digital marketing seperti apa. Tentunya dengan mengetahui job desk digital marketing Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa yang akan dikerjakan nantinya serta apa yang harus Anda pelajari.

Bagi Anda yang ingin terjun di bidang ini, Anda harus memiliki ilmu yang cukup di bidang social media marketing, search engine marketing, search engine optimization, hingga email marketing dan content marketing. Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk membaca dan menganalisa data serta membuat laporan. Ditambah lagi, Anda harus juga harus selalu belajar hal baru dan mengikuti trend digital marketing yang selalu berubah.

Agar Anda bisa mendapatkan gambaran apa yang biasa dikerjakan, berikut adalah job desk digital marketing :

1. Menyusun Strategi Digital Marketing di Semua Digital Channel

Job desk digital marketing salah satunya adalah menyusun strategi digital marketing. Anda harus menyusun strategi bagaimana caranya memasarkan sebuah produk atau jasa di berbagai digital platform. Anda akan mengatur strategi pemasaran di berbagai macam platform seperti media sosial, mesin pencari, email, aplikasi, blog dan lain sebagainya.

2. Memasang Iklan di Berbagai Digital Platform

Job desk digital marketing lainnya adalah memasang iklan di berbagai digital platform. Anda akan banyak menjalankan kampanye iklan di media sosial, mesin pencarian, berbagai macam blog, website dan lain sebagainya. Anda akan banyak menjalankan iklan dan menemukan formula yang paling tepat yang bisa meningkatkan konversi dari iklan yang Anda jalankan.

3. Mengoptimasi SEO untuk Meningkatkan Trafik secara Organik

Seorang digital marketing specialist juga terkadang dilibatkan dalam pengoptimasian SEO untuk website perusahaan. Anda akan banyak menyusun strategi dan mengoptimasi SEO website perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website pada halaman mesin pencarian sehingga dapat meningkatkan trafik secara organik.

4. Mengoptimasi dan Menyusun Strategi Media Sosial

Social media marketing masih termasuk kedalam lingkup pekerjaan digital marketing. Anda juga akan dilibatkan dalam proses optimasi media sosial untuk meningkatkan engagement serta membangun komunikasi dengan konsumen Anda.

5. Menyusun dan Menjalankan Strategi Email Marketing

Menjalankan strategi email marketing juga merupakan salah satu job desk digital marketing. Anda akan mengatur sebuah email yang akan dikirimkan kepada leads atau database email yang Anda miliki.

6. Mengatur dan Menjalankan Strategi Content Marketing

Content marketing juga termasuk kedalam ruang lingkup dari digital marketing. Sehingga, Anda juga akan turut terlibat membuat dan mendistribusikan konten di berbagai platform dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen. Jadi, Anda akan membuat konten – konten yang menarik dan relevan sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen.

7. Membuat Laporan dan Evaluasi Strategi

Sebagai seorang digital marketing specialist, Anda juga akan membuat banyak laporan bagaimana performa kampanye yang sudah Anda jalankan. Anda harus terbiasa membaca data dan menyajikan laporan yang komprehensif. Dari laporan performa tersebut, Anda bisa menganalisa dan mengevaluasi kembali strategi yang sudah Anda jalankan dan membuat strategi baru untuk kedepannya berdasarkan data yang dihasilkan.

7 poin diatas adalah gambaran umum apa saja yang dikerjakan oleh seorang digital marketing specialist. Perlu diingat bahwa digital marketing adalah sebuah istilah yang luas dimana didalamnya terdapat cabang seperti social media marketing, SEO, SEM dan lain sebagainya. Jika ingin dilihat satu per satu, maka setiap cabang memiliki job desk masing – masing yang lebih spesifik.

Setiap perusahaan juga memiliki job desk yang berbeda – beda untuk digital marketing specialist tergantung kebutuhan perusahaan. Tetapi, secara umum gambaran job desk yang akan dikerjakan adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa mengambil referensi dari artikel kali ini apa saja yang harus dipersiapkan.