Sistem Inventaris untuk Bisnis Ritel

inventory system

Apa itu sistem inventaris dan 5 Tahapan utama dalam menjalankan manajemen inventaris

Sistem inventaris atau yang dikenal dengan sistem persediaan merupakan suatu sistem yang membantu aktivitas logistik perusahaan dan digunakan untuk mengelola persediaan suatu bisnis, mengontrol aliran barang dengan cara yang efisien serta meningkatkan layanan pelanggan. Adapun tujuan dengan adanya manajemen inventaris pada bisnis retail, salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat. Dengan memenuhi permintaan konsumen secara maksimal maka perusahaan dapat meraup keuntungan lebih.

Selain itu, kurangnya pengaturan dalam mengelola Inventaris juga dapat menjadi salah satu sebab menurunnya keuntungan dan hilangnya para pelanggan. Itulah mengapa sistem Inventaris harus diperhatikan secara serius dalam bisnis retail (toko kelontong, swalayan, minimarket dan supermarket). Persediaan barang dagangan mencakup semua stock yang ada (stock in hand), baik stock barang yang terdapat di rak toko maupun stock barang di gudang. Jadi persediaan barang dagangan merupakan total jumlah barang baik yang sedang dipajang maupun yang masih disimpan. Meski terlihat sederhana, namun mengendalikan sistem inventaris bukanlah hal yang mudah. Jika persediaan barang terlalu banyak, tentu dana yang dikeluarkan juga besar, terjadinya peningkatan beberapa biaya (biaya operasional toko, biaya penyimpanan, dll) termasuk meningkatnya resiko kerusakan barang. Sebaliknya, jika persediaan barang terlalu sedikit, maka resiko kekurangan persediaan juga semakin besar. Apalagi sebagian barang tidak bisa didatangkan secara mendadak. Sehingga hal ini mengakibatkan tertundanya keuntungan.

Sistem Inventaris untuk Bisnis Retail

Berikut ini ada 5 Tahapan utama dalam menjalankan manajemen inventaris :

Pembelian: Merupakan suatu proses membeli bahan mentah untuk diubah menjadi produk, atau membeli produk untuk dijual tanpa perlu perakitan

Produksi: Membuat produk jadi Anda dari bagian-bagian penyusunnya. Tidak setiap perusahaan akan terlibat dalam manufaktur – grosir, misalnya, mungkin melewatkan langkah ini sepenuhnya

Stok penyimpanan: Menyimpan bahan mentah Anda sebelum diproduksi (jika diperlukan) dan barang jadi Anda sebelum dijual

Penjualan: Menyerahkan barang ke tangan pelanggan, dan menerima pembayaran

Pelaporan: Bisnis Anda perlu mengetahui berapa banyak yang dijual, dan berapa banyak uang yang dihasilkan dari setiap penjualan

Cara Mudah Mengelola Sistem Inventaris

Untuk mempermudah manajemen operasional dalam mengelola persediaan dan mempercepat pengambilan keputusan maka perusahaan dapat menggunakan bantuan program inventaris secara real time seperti yang dimiliki Lyrid Prima Indonesia. Melalui sistem berbasis web maupun mobile apps, Lyrid Prima Indonesia akan membantu usaha Anda dengan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen diakses secara mudah melalui Master Data, Purchase Order, Delivery Order, dan lain sebagainya