Software ERP: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah software ERP? Hal ini berkaitan dengan sebuah sistem yang sering digunakan oleh perusahaan dalam mengelola berbagai aktivitas operasionalnya.

Bagi perusahaan yang menerapkan sistem ERP, maka ada banyak biaya yang dapat dipangkas sehingga dapat meningkatkan profitabilitas serta produktivis kinerja perusahaan. Hal ini tentunya sangat penting bagi siapa saja yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Meskipun demikian, pada awalnya sistem ini hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja atau enterprise. Namun saat ini banyak UKM yang telah menggunakannya juga guna meningkatkan efektifitas kinerja perusahaan.

Dalam artikel ini akan dikupas secara tuntas mengenai ERP mulai dari pengertian, jenis, hingga manfaatnya jika sebuah perusahaan menggunakannya.

Apa Itu ERP?

Business plan

Enterprise resource planning atau software ERP adalah seperangkat sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh kegiatan operasional bisnis perusahaan yang terintegrasi.

Umumnya, sistem ERP mencakup pengelolaan keuangan, produksi, pengadaaan, SDM, proyek, dan lain-lain tergantung perencanaan software tersebut. Ada banyak sekali pilihan aplikasi ERP yang dapat digunakan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Keunggulan dari penggunaan sistem ini adalah data yang diolah dapat dipantau secara real-time dan akurat. Hasilnya adalah perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat sesuai data yang ditampilkan oleh sistem.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Forecasting dalam Bisnis Anda

Awal Mula Penggunaan Software ERP

Sejarah awal penggunaan sistem ERP pada mulanya dimulai pada tahun 1960-an sebagai sebuah konsep yang diterapkan pada manajemen inventaris di sektor manufaktur.

Kemudian pada tahun 1990-an istilah ERP diciptakan oleh Gartner Group. Fungsinya pun sudah banyak di luar manajemen inventaris dan operasional lainnya.

Pada tahun-tahun awal perkembangannya, sistem ERP beralih ke fungsi back-office lainnya seperti pemesanan, keuangan, SDM, dan manajemen proyek. Dengan begitu banyak perusahaan perusahaan yang tertarik menggunakan sistem ERP ini.

Cara Kerja Software ERP

Secara sederhana, sistem ERP memiliki database perusahaan yang terpusat untuk melakukan berbagai proses bisnis guna mengurangi tenaga kerja manual. Selain itu, sistem ini digunakan untuk menyederhanakan alur kerja bisnis yang rumit.

Untuk memudahkan pengguna, sistem ERP dilengkapi dengan dasbor yang dapat digunakan untuk melihat data waktu real-time yang dapat mengukur produktivitas serta profitabilitas kinerja perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan sedang menerima pesanan pelanggan yang kemudian secara otomatis mengirimkan informasi tersebut ke pusat distribusi untuk diselesaikan tepat waktu. Hal ini tentunya sangat memudahkan pekerja dalam memantau serta menyelesaikan proses pemesanan pelanggan.

Banyaknya sistem ERP yang tersedia saat ini memungkinkan untuk melihat informasi terkait waktu pengiriman barang, level inventaris, dan faktor lainnya yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan perusahaan.

Tanpa penggunakan sistem ERP, maka sekiranya akan sulit untuk mengakses beberapa data yang biasanya tertutup oleh departemen. Hal ini yang dikenal dengan aplikasi open source ERP.

Kecanggihannya dalam mengolah informasi serta penyederhanaan alur kerja bisnis menjadikan sistem ERP jawaban yang tepat bagi perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Tentunya perusahaan tidak lagi harus memiliki banyak tenaga kerja manusia karena ada banyak pekerjaan yang telah diotomatisasi.

Manfaat Menggunakan Software ERP

Bagi perusahaan yang belum beralih menerapkan sistem ERP, umumnya memiliki sistem database dari setiap unit yang terpisah-pisah. Hal ini tentunya mengakibatkan ketidakefisiensi pada kinerja perusahaan yang tidak terintegrasi.

Dengan begitu, sistem ERP dikembangkan untuk menggantikan penggunaan sistem lama yang tidak efektif. Menjadikan database yang terintegrasi satu sama lain yang pengelolaannya lebih mudah dan efisien.

Berikut terdapat beberapa manfaat ketika perusahaan menggunakan software ERP dalam menjalankan operasional bisnisnya:

Integrasi Database

Pengintegrasian database merupakan manfaat utama ketika sebuah perusahaan menerapkan sistem ERP. Dengan menggunakan berbagai modul ERP, maka akurasi data menjadi jauh lebih baik dalam melakukan proses operasional bisnis.

Selain itu, pengintegrasian data juga memberikan manfaat pada pembaruan data yang terjadi secara realtime ketika adanya sebuah transaksi. Sehingga mengurangi human error dalam setiap transaksi yang sedang berlangsung.

Perlu Anda ketahui bahwa input data atau pemasukan data yang dilakukan dengan sistem ERP hanya perlu dilakukan satu kali saja. Hal ini agar tidak ada lagi pemasukan data pada modul-modul lainnya karena hanya menghabiskan waktu.

Integrasi database yang terpusat juga memberikan jaminan keamanan administrasi untuk menghindari adanya data-data yang hilang atau pencurian data.

Meningkatkan Efisiensi Kinerja

Tentunya aplikasi ERP yang dimiliki perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan dalam melakukan kegiatan rutin harian.

Beberapa hal seperti pemesanan, pengadaan barang, manajemen kas, dan lainnya dapat dengan mudah diintegrasikan sehingga meningkat pula efisiensi dan produktivitas kinerja perusahaan.

Dengan menggunakan sistem ERP, maka perusahaan dapat mempersingkat proses waktu penjualan dan pembayaran ke pemasok.

Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan

Software ERP pada umumnya telah dilengkapi dengan sistem keamanan firewall dimana hal ini untuk mencegah adanya pelanggaran data. Database perusahaan disimpan di satu sistem terpusat yang sangat ketat keamanannya.

Admin memiliki tanggung jawab untuk memberikan akses terbatas kepada karyawan. Jika seorang karyawan telah diberhentikan, maka akses tersebut akan dicabut dan diberikan kepada karyawan baru.

Seorang admin juga dengan mudah mengidentifikasi aktivitas yang tidak normal terkait dengan penggunaan data perusahaan. Sehinga dapat dilakukan tindakan preventif ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Menghemat Biaya

Perusahaan yang telah menerapkan software ERP tentunya dapat menghemat biaya dengan menekan biaya operasional. Hal ini terkait dengan berbagai pekerjaan yang telah diotomatisasi oleh sistem sehingga segala gangguan dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik.

Selain itu, berbagai macam pekerjaan yang kompleks dan rumit dapat diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat sehingga dapat mengurangi lead time. Tidak luput juga, perusahaan dapat memangkas tenaga kerja dimana banyak pekerjaan yang dapat diambil alih dengan software ERP.

Membuat Keputusan Bisnis Lebih Akurat

Salah satu hal yang penting bagi berjalannya sebuah bisnis adalah prakiraan yang tepat. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi bisnis yang bergantung pada data laporan yang diperoleh tiap tahunnya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk mendapatkan laporan secara real-time yang akurat dan konsisten. Dengan begitu, maka keputusan-keputusan bisnis yang akurat dapat dikakukan dengan baik ke depannya.

ERP by Lyrid: Solusi Software ERP untuk Anda

Jika Anda ingin menerapkan software ERP yang mudah dioperasikan dan dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan Anda, maka software ERP by Lyrid adalah jawabannya.

Lyrid merupakan perusahaan IT Consultant yang menyediakan berbagai macam kebutuhan IT Anda seperti software dan hardware. Salah satu produk unggulan Lyrid ialah Enterprise Resource Planning (ERP) system.

Anda dapat mengkustom fitur-fitur yang tersedia sesuai dengan modul dan kebutuhan Anda sendiri. Tentunya aplikasi ERP by Lyrid dapat diakses melalui berbagai macam gadget seperti ponsel, komputer, dan laptop.

Selain itu, ERP by Lyrid telah menggunakan sistem cloud-based sehingga data yang Anda miliki diperbarui secara real-time kapan saja dan di mana saja.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kontak tim marketing kami untuk informasi lebih lengkapnya di (021) 588 5880 dan 0877 6596 6450 (WA), atau konsultasikan di sini.