Software Inventory System untuk Efisiensi Industri Manufaktur

sistem inventory yang baik akan sangat berguna bagi perusahaan

Sebagian orang pernah mendengar tentang manajemen rantai pasokan atau supply chain management, namun, tidak banyak orang paham atau pernah mendengar tentang inventory system. Pengelolaan inventaris atau inventory system adalah kegiatan pengelolaan inventaris yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan inventaris suatu perusahaan agar meminimalisir kerugian dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Inventory system biasanya dilakukan dalam bisnis grosir, ritel, F&B, dan perusahaan manufaktur. 

Inventory system sangat penting untuk perusahaan

Baca juga Faktor Penting Saat Memilih Software Gudang Berbasis Cloud Computing

Lalu apa yang dimaksud dengan Inventory System merupakan Sistem software yang kami buat untuk mencatat semua proses penjualan & pembelian dimulai dari proses produksi sampai penjualan. Data yang digunakan dapat diakses dimana saja & real-time karena menggunakan Cloudbase sistem.

Baca juga: Hindari beberapa Masalah dengan Sebuah Software Inventory System

Untuk meminimalisir kerugian dan mendapatkan keuntungan maksimal dari inventaris perusahaan, perusahaan Anda perlu strategi inventory system yang tepat. Berikut beberapa strategi yang tepat yang bisa perusahaan aplikasikan:

1. Kategorikan Stok Produk

Strategi inventory system yang tepat adalah dengan cara memberikan kategori stok produk agar Anda dapat lebih mudah mencari dan melacak stok produk perusahaan. Anda bisa memisahkan antara produk-produk penting dan memprioritaskan produk yang penting pada label prioritas. Lebih lanjut, Anda bisa melakukan teknik lainnya yaitu dengan cara mengkategorikan produk berdasarkan tingkat harga, tingkat ketahanan produk, dan seberapa penting produk tersebut.

2. Lakukan Audit Secara Teratur

Jika perusahaan Anda ingin mengaplikasikan strategi inventaris yang tepat, ada baiknya perusahaan melakukan audit secara teratur. Perusahaan Anda tetap perlu melakukan stock opname untuk memastikan jumlah fisik produk sesuai dengan data yang ada pada inventaris. Kegiatan audit atau stock opname akan mengurangi tingkat error dan dapat meningkatkan akurasi data.

Jika perusahaan sudah menggunakan sistem manajemen inventaris, perusahaan akan lebih cepat untuk mencatat dan mengecek jumlah stok produk atau barang. Anda hanya perlu menggunakan barcode scanner yang sudah terintegrasi dengan sistem.

Nah, berikut adalah strategi yang tepat yang perusahaan bisa lakukan agar dapat mengoptimalkan inventaris perusahaan. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

3. Gunakan Software Inventory System 

Dengan semakin majunya teknologi Internet of Things, hampir semua industri sudah dapat menggunakan teknologi internet untuk memudahkan pekerjaan. Dalam konteks inventory , sudah terdapat software yang dapat mengoptimalkan inventory control secara otomatis.

Software inventory memiliki beberapa fungsi seperti memprediksi kebutuhan stok seperti penggunaan Barcode, mengoptimalkan tingkat stok produk, mengawasi perpindahan stok antara satu gudang ke gudang lainnya, melakukan valuasi inventaris, dan melacak pengiriman.

Baca juga Software untuk Mengatasi Masalah Sistem Inventory