Teknologi Pengenalan Wajah

Teknologi Pengenal Wajah Seseorang

Perangkat lunak pengenalan wajah merupakan teknologi yang menggunakan fitur wajah untuk mengidentifikasi seseorang. Teknologi Ini dapat digunakan oleh berbagai lembaga seperti penegak hukum, perbankan, rumah sakit, pengawasan di bandara, perusahaan bahkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pengidentifikasian wajah seseorang . Teknologi pengenalan wajah sebelumnya sudah banyak digunakan, namun tidak sepopuler saat ini. Awalnya, teknologi ini digunakan untuk tujuan keamanan tetapi seiring perkembangan zaman, saat ini digunakan di banyak bidang lain juga. Misalnya, Anda mungkin telah melihat fitur “Temukan iPhone saya” di Apple Watch yang memungkinkan Anda menemukan ponsel Anda jika hilang atau dicuri. Teknologi pengenalan wajah dapat mengidentifikasi identitas seseorang dengan membandingkan fitur wajah seseorang dengan yang ada di database.

Teknologi Pengenal Wajah
Teknologi Pengenal Wajah

Masa Depan Teknologi Pengenalan Wajah – Komputer Otak Manusia untuk Manusia

Pengenalan wajah merupakan suatu proses yang mengidentifikasi seseorang dari fitur wajahnya. Perangkat lunak pengenalan wajah dapat digunakan untuk berbagai tujuan secara real time. Ada banyak cara untuk mengautentikasi pengguna perangkat atau sistem, tetapi salah satu yang paling hemat biaya adalah autentikasi biometrik. Metode ini menawarkan cara yang aman, nyaman dan aman untuk verifikasi identitas pengguna. Otentikasi biometrik juga dapat digunakan untuk hal-hal lain seperti akses aman dan sistem pembayaran.

Salah satu metode yang paling efisien untuk menangkap informasi adalah percakapan. Metode ini digunakan di banyak bidang seperti penjualan, layanan pelanggan, dan intelijen bisnis. Dialog dapat direkam, ditranskripsi, dan dianalisis untuk mengekstrak data yang berguna dari rekaman suara. Jenis pengawasan ini juga disebut sebagai “Laporan Minoritas” karena merupakan contoh masa depan dystopian di mana orang dapat diawasi dan diidentifikasi dari informasi pribadi mereka sendiri. Ini adalah sesuatu yang baru-baru ini menjadi berita karena skandal Facebook dan Cambridge Analytica.

Saat kita bergerak menuju dunia di mana komputer dapat mengenali wajah manusia, penting untuk memahami apa yang akan terjadi di masa depan. Masa depan teknologi pengenalan wajah adalah topik yang banyak diperdebatkan. Akan menarik untuk melihat bagaimana orang bereaksi ketika mereka terus-menerus dipantau oleh kamera dan sensor yang dapat mengidentifikasi setiap gerakan mereka.

Namun, baru beberapa tahun terakhir ini computer vision semakin maju dan penggunaannya semakin meluas. Masa depan teknologi pengenalan wajah tidak pasti karena banyak orang masih tidak nyaman dengan gagasan bahwa komputer dapat mengidentifikasi mereka. Ada beberapa contoh yang dapat digunakan untuk kebaikan tetapi ada juga beberapa kasus di mana teknologi dapat digunakan untuk melakukan hal-hal buruk. Beberapa perusahaan telah mulai menggunakan perangkat lunak pendeteksi wajah AI untuk memantau ekspresi wajah karyawan mereka di tempat kerja dan dalam prosesnya, mereka menemukan bahwa emosi tertentu ditekan oleh karyawan mereka yang dapat menyebabkan kinerja perusahaan yang buruk.

Baca juga Kelola Absensi Karyawan Menggunakan Facial Recognition 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi lifestyle dan business dengan semangat pengembangan, PT. Lyrid Prima Indonesia berupaya menciptakan produk sesuai kebutuhan pasar Indonesia melalui teknologi pengenal wajah yakni Face Recognition System.

Face Recognition sebagai sistem absensi online dapat mempermudah penggunanya. Face Recognition merupakan sebuah cara yang diintegrasikan dengan teknologi sehingga dapat melakukan pendeteksi atau pengenalan wajah dan juga pengukuran suhu. Sistem ini sangat cocok digunakan untuk gedung perkantoran, apalagi pendeteksi wajah pada saat masuk sangat diperlukan.

Alat pendeteksi wajah ini memiliki peranan penting bagi perusahaan anda dalam mengelola absensi karyawan. Sistem absensi karyawan ini digunakan untuk menghindari perbuatan curang seperti titip absen dan penggunaannya pun jauh lebih praktis. Manajemen juga semakin mudah untuk melihat atau membuat data kehadiran karena data sudah tersedia dari sistem. Face Recognition ini bersifat bersifat real time sehingga setiap data yang masuk langsung terhubung kedalam agenda. Tidak hanya itu, software ini dapat juga dirancang dan terhubung dengan access control yang dalam penggunaannya setiap melakukan pendeteksian wajah, maka pintu akan terbuka secara otomatis

Get in Touch with us www.lyrid.id and all our social media “Lyridprima” – Creating The Future