fbpx

10 Tools Digital Marketing yang Bisa Anda Coba

Agar bisnis bisa sukses di dunia digital seperti sekarang, maka penggunaan strategi digital marketing merupakan hal yang krusial. Salah satunya dengan memanfaatkan tools digital marketing yang perlu Anda maksimalkan.

Meski begitu, persaingan di digital marketing saat ini sangatlah ketat. Oleh karena itu, penguasaan digital marketing tools merupakan hal yang perlu diperhatikan agar proses digital marketing yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.

Berbicara tentang digital marketing tools, banyak orang menganggap jika hal ini hanya berkaitan dengan iklan saja. Padahal, ada beberapa tools yang berguna bagi keseluruhan bisnis Anda.

Apa saja tools digital marketing yang bisa diandalkan? Ini daftarnya:

Baca juga: Apa itu Produk Digital, Fungsi dan Manfaat bagi Bisnis Anda

1. Ahrefs

Tools digital marketing Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu digital marketing tools yang paling berguna, terutama SEO. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan tools ini, seperti keyword explorer, content gap, hingga site audit.

Meski punya banyak sekali keunggulan, Ahrefs termasuk salah satu tools digital marketing termahal saat ini. Pada paket termurahnya, Ahrefs menawarkan harga sebesar $99 per bulannya.

2. SEMrush

Logo Semrush

Selain Ahrefs, Anda juga bisa menggunakan digital marketing tools lain seperti SEMrush untuk melakukan tugas-tugas SEO.

Semrush memiliki banyak sekali  data dan fitur yang dirancang untuk membantu digital marketer untuk mengoptimasi konten di SERP. Ada banyak sekali fitur SEMrush yang bisa Anda andalkan, mulai dari keyword research, site performance, competitive research, dan lain-lain.

3. Google Analytics

Tools digital marketing google analytics

Agar strategi digital marketing sukses, tentu Anda perlu memantau serta menganalisis perkembangan website. Dua hal yang penting dalam hal ini adalah traffic serta konversi pengunjung.

Salah satu tools yang berguna untuk mendapatkan data dari website adalah Google Analytics. Tools buatan Google ini bisa menunjukan Anda siapa yang berkunjung ke website Anda, serta page mana yang paling banyak mereka kunjungi.

Selain itu, Anda juga bisa melacak konversi hingga melacak e-commerce setup.

4. Google AdWords

Logo Google AdWords

Google AdWords adalah salah satu tools digital marketing yang paling banyak digunakan oleh bisnis saat ini. Anda bisa menggunakan tools ini untuk memasarkan bisnis di pencarian Google.

Dengan menggunakan Google AdWords, Anda bisa menawar kata kunci tertentu yang sesuai dengan bisnis Anda. Untuk mencari kata kunci yang paling tepat, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner.

AdWords adalah jalan terbaik untuk Anda memasarkan produk atau servis Anda di pencarian Google untuk kata kunci yang spesifik.

5. Facebook Ads

Logo Facebook Ads

Selain search engine, agar strategi digital marketing Anda semakin sukses, maka sosial media adalah hal yang tak boleh Anda lewatkan. Salah satu sosial media yang kini banyak digunakan untuk bisnis adalah Facebook.

Untuk memasarkan bisnis di sosial media milik Mark Zuckerberg, Anda bisa menggunakan Facebook Ads. Dengan Facebook Ads, Anda bisa menjalankan iklan di Facebook dan membidik audiens yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda.

Ada banyak sekali kategori pilihan audiens yang bisa Anda pilih. Mulai dari demografis, lokasi, minat, hingga perilaku. Selain Facebook, Facebook Ads juga memungkinkan Anda untuk beriklan di sosial media dari Meta lainnya seperti Instagram.

6. Twitter Ads

Logo Twitter Ads

Tak hanya Facebook, Anda juga bisa beriklan di media sosial lain seperti Twitter. Ada banyak sekali opsi untuk beriklan di Twitter, mulai dari promoted tweet, promoted accounts, hingga promoted tweet.

Selain itu, jika Anda ingin memasarkan website ataupun blog, Anda bisa menggunakan iklan website cards. Iklan dengan format seperti ini memungkinkan audiens Twitter untuk mengunjungi website Anda.

Meski sebenarnya Twitter tidak memiliki banyak pengguna seperti Facebook dan Instagram, namun media sosial ini dapat menargetkan pasar yang lebih spesifik.

7. Mailchimp

Logo Mailchimp

Tools digital marketing selanjutnya yang tak kalah penting adalah MailChimp. MailChimp adalah sebuah email marketing dan digital marketing tools yang didesain untuk mengotomasi sebuah iklan.

Dengan Mailchimp. Anda bisa membuat iklan yang tertarget, melacak setiap kunjungan dari iklan tersebut, mengirim email marketing serta pesan otomatis, hingga membuat landing page.

8. Hootsuite

Logo Hootsuite 2

Untuk menaklukan sosial media, tentu Anda harus membuat akun di berbagai saluran sosial media. Mulai dari Facebook. Twitter, Instagram, hingga Youtube.

Dengan banyaknya saluran yang Anda gunakan, dibutuhkan sebuah digital marketing tools untuk mengurus segalanya. Hootsuite adalah tools digital marketing terbaik untuk manajemen media sosial.

Ada banyak selai hal yang bisa Anda lakukan menggunakan Hootsuite, mulai dari menjadwalkan postingan, menambahkan tag dan kata kunci dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa melacak kinerja konten serta menghitung ROI dan konversi.

9. Buffer

Logo Buffer

Untuk mengelola semua social media marketing, Anda bisa mengandalkan Buffer. Buffer memiliki banyak fitur canggih serta tampilan antarmuka yang enak untuk digunakan.

Sama seperti Hootsuite, Buffer juga menawarkan banyak sekali fitur yang berguna untuk sosial media. Mulai dari merencanakan, membuat, menjadwalkan postingan, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa terkoneksi dengan tim lain dalam digital marketing tools ini.

10. Trello

Logo Trello 6

Trello merupakan tools manajemen konten yang bisa Anda andalkan. Alasan Trello banyak disukai adalah karena tools ini bisa digunakan secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak hal lewat Trello, mulai dari melakukan brainstorming, menjadwalkan konten, melihat progress dari projek yang dijalankan, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa digital marketing tools yang bisa Anda coba gunakan. Anda bisa menggunakan tools-tools di atas agar bisnis Anda bisa sukses di dunia digital. Dengan memanfaatkan tools – tools diatas, akan sangat membantu anda untuk bisa mengoptimasi strategi digital untuk bisnis Anda. Tentunya masih banyak tools – tools lain baik yang berbayar maupun yang tidak yang bisa Anda eksplor sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Rekomendasi di atas adalah rekomendasi tools terbaik yang bisa Anda gunakan jika Anda kebingungan untuk memilih tools apa yang paing tepat.