8 Tips Efektif untuk Meningkatkan Bisnis Properti

7 Tips Efektif untuk Mengoptimalkan Penjualan Properti

Bisnis properti merupakan bisnis yang menggiurkan. Harga hunian atau real estate merupakan bisnis yang meningkat setiap tahunnya sehingga membuat pemiliknya meraup banyak keuntungan. Namun tidak semudah yang dibayangkan, untuk membuat bisnis ini mencapai suatu kesuksesan, pemilik bisnis perlu memikirkan strategi yang matang agar pemilik mendapatkan keuntungan. Berikut 8 Tips efektif untuk meningkatkan bisnis properti anda.

7 Tips Efektif untuk Mengoptimalkan Penjualan Properti

1. Fokus Pada Prospek Target Anda

Ketika produk properti anda banyak dikenal bahkan dicari oleh banyak orang memang menjadi momen yang sangat menyenangkan. Tetapi apabila dikemudian hari mereka tidak jadi membeli secara berkelanjutan, berarti anda perlu strategi bahkan cara lain untuk meningkatkan bisnis penjualan properti anda. Inilah mengapa sebelum melakukan pemasaran tips ini sangat berfungsi untuk meningkatkan bisnis anda. Pastikan produk atau cakupan bisnis anda ditargetkan pada orang – orang yang tepat. Buatlah target dengan spesifik mungkin untuk menghindari prospek yang tidak berkualitas dengan menentukan segmentasi pasar dengan demografi.

Setelah mendapatkan Setelah anda mendapatkan database dari prospek tersebut, barulah anda menyaring data mereka. Anda dapat menggunakan sistem CRM untuk memudahkan tim sales anda dalam melakukan tindakan penjualan seperti mengidentifikasi prospek, mengirim penawaran dan lain sebagainya.

2. Research & Development

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis properti anda adalah melakukan aktivitas penelitian dan pengembangan (Research & Development). Ada baiknya untuk kita sebagai pelaku bisnis dalam industri apapun untuk melakukan penelitian dan pengembangan terhadap produk atau jasa yang kita miliki. 

Cari tahu apa strategi marketing yang mereka gunakan, bagaimana teknik promosinya, dari mana mereka mendapatkan penyewa atau pembeli properti mereka, dan informasi penting lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan informasi penting dari kompetitor Anda adalah dengan berkomunikasi langsung dengan mereka. Ini bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan melalui live chat, telepon, email, atau seminar yang diadakan oleh kompetitor Anda.

3.Menggunakan Konten Social Media melalui Digital Marketing

Salah satu tindakan lain yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis properti yaitu aktif membuat konten di Media Sosial. Selain mempercantik konten situs website yang anda miliki, usahakan juga untuk aktif membuat konten di media sosial populer seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin serta lain sebagainya. Saat ini orang-orang cenderung lebih aktif mencari properti di media sosial, jadi pastikan properti Anda mudah ditemui di akun-akun media sosial tersebut.

Mulai dengan menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dari properti Anda dan buat keterangan yang menarik di setiap postingan. Anda juga dapat membuat iklan berbayar di waktu-waktu tertentu ketika Anda ingin meningkatkan penjualan properti Anda. Ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya bila dibandingkan dengan menggunakan bantuan agensi untuk mempromosikan properti Anda.

4.Menggunakan Maketing Tools

Saat tim sales anda berkunjung ke calon konsumen pastikan untuk membawa kartu nama, brosur maupun company profile dalam bentuk cetak yang merupakan marketing tools wajib yang diberikan kepada calon konsumen. Company profile memuat beragam informasi penting untuk membantu promosi, salah satunya yaitu mengenai cakupan service yang mampu kita kerjakan maupun daftar produk yang bisa kita sediakan.

Jika Produk yang Anda jual jenisnya beragam dan cukup banyak, sebaiknya anda juga dapat mempersiapkan untuk dibuatkan katalog atau brosur produk yang memuat lebih informasi produk dengan lebih lengkap. Dengan company profile maupun katalog cetak, calon konsumen akan dimudahkan untuk mengenal perusahaan Anda dan mudah dalam mengingatnya kembali suatu saat dibutuhkan. Selain lebih efektif, website yang juga merupakan marketing tools yang hemat karena tidak dapat digunakan kapanpun dan sebanyak apapun. Video marketing dapat menampilkan company profile juga cara kerja suatu produk (tutorial dan how to video). Siapa yang tidak senang bila diberi hadiah atau kenang-kenangan. Membuat merchandise sebagai salah satu marketing tools juga merupakan strategi yang menarik.

5. Kerjasama dengan Agen Properti

Jasa agen properti memang sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Baik investor maupun end user properti membutuhkan jasa agen jual beli rumah atau property agent dalam proses investasi properti. Aktivitas jual beli properti sering dilakukan oleh masyarakat khususnya bagi investor property. Seorang investor properti tentu memiliki banyak kesibukan diluar aktivitasnya dalam berinvestasi properti. Tentu saja, jasa agen properti sangat dibutuhkan untuk membantu investor dalam proses jual beli properti.

Jika Anda seorang end user yang membeli properti dengan tujuan untuk ditinggali, maka jasa agen properti juga sangat dibutuhkan. Agen properti tersebut akan memberikan Anda berbagai kemudahan. Kemudahan dalam membantu memilihkan pilihan listing property baik rumah, apartemen, ruko hingga tanah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Kemudian agen properti akan melakukan negosiasi kepada penjual properti. Tidak sampai disitu, agen properti akan membantu Anda hingga proses AJB di notaris. Hal ini merupakan tugas dan kewajiban seorang agen properti.

6. Menggunakan Teknologi Virtual Reality untuk Memberikan Gambaran Kepada Konsumen

Banyak yang menganggap bahwa manfaat Virtual Reality (VR) hanya seputar di dunia gaming. Namun, rupanya teknologi ini juga berperan penting dan sangat bermanfaat dalam bidang properti. Virtual Reality dapat meningkatkan penjualan karena hasil properti yang ditampilkan dalam VR maksimal dan terasa lebih nyata dibanding maket rumah atau alat presentasi lainnya. Cara ini disebut dengan VR properti. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan properti bagi para agen properti.

7. Optimalkan Penjualan dengan sistem Estate Sales

Penggunaan sebuah sistem software baik berbasis web maupun mobile aplikasi sebagai tujuan dalam memasarkan penjualan dan mempermudah si pengguna merupakan point plus bagi pengembang. Melalui sebuah penggunaan sebuah sistem software yakni Smart Estate Sales yang di kembangkan oleh IT Konsultan tebaik dibidangnya PT. Lyrid Prima Indonesia akan membantu pengembang dalam melakukan pemasaran produk rumah atau hunian. Sistem yang dikembangkan ini memiliki berbagai keunggulan diantaranya sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembang, system berbasis cloud base, pemasaran dan pendataan konsumen dilakukan secara real time, serta biaya yang terjangkau

Smart Estate Sales merupakan Platform property selling tools yang digunakan oleh pengembang properti untuk menjual properti yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Keunggulan platform ini adalah dapat mencakup seluruh proses penjualan (mulai dari tahap booking sampai dengan cetak PPJB) yang terupdate secara real-time yang didalam nya terdapat beberapa fitur yang membantu management dalam mengelola informasi yang dibutuhkan agar tidak lagi melakukan pendataan customer terkait database perusahaan, informasi pengecekan status unit serta perhitungan biaya, informasi yang tidak bersifat Real Time dan analisis laporan untuk kebutuhan management dan masing – masing divisi. Selain management, sales juga dapat menggunakan aplikasi dengan bergagai fitur yang melengkapi kebutuhan sales dalam menjual produk dari pengembang properti tersebut. Oleh karena itu baik pengembang maupun sales yang menawarkan produk hunian kepada pembeli sama-sama mendapat keuntungan, yaitu dapat mengakses kebutuhan informasi yang mereka butuhkan kapanpun dan dimanapun

Baca juga Perubahan Teknologi dalam Manajemen Penjualan

8.Optimalkan Fasilitas Properti yang Di Miliki

Bagi banyak orang, memilih properti merupakan pengalaman yang emosional. Ketika melihat-lihat properti, mereka akan membayangkan seperti apa kehidupan mereka bila mereka tinggal di sana. Jika Anda memasarkan properti kosong, Anda mungkin akan sulit menjualnya. Kebanyakan klien akan menilai properti Anda sejak mereka pertama kali melihatnya, oleh karena itu, sebaiknya Anda menghias properti Anda dengan perabotan lengkap dan disertai dengan fasilitas yang terbaik, sehingga properti Anda akan terlihat lebih menarik bagi klien Anda.

Demikianlah tips diatas yang dapat anda coba, semoga bermanfaat!