Tips Membeli Rumah untuk Milenial dengan Mudah

Tips membeli rumah untuk milenial

Membeli rumah merupakan hal yang besar dan terbilang berat, apalagi jika pengalaman ini menjadi yang pertama bagi Anda khususnya para Milenial. Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki. Hanya saja mungkin bagi sebagian orang harganya yang tergolong mahal membuat banyak orang mempertimbangkannya. Berbagai tips membeli rumah patut diketahui khususnya bagi mereka yang baru pertama kali membelinya. Membeli rumah baru memang membutuhkan strategi/pertimbangan khusus supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Selain itu, setiap tahun harga rumah terus mengalami kenaikan. Hal ini membuat semakin sulitnya mendapatkan rumah di daerah premium seperti Ibukota. Supaya tidak penasaran, kami sudah merangkum beberapa tips membeli rumah baru khususnya bagi kaum Milenial yang patut kamu pertimbangkan.

Baca juga 8 Tips Efektif untuk Meningkatkan Bisnis Properti 

Tips membeli rumah untuk Milenial

Yuk simak tipsnya:

1. Pahami Kemampuan Financial

Membeli sebuah hunian memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu kita perlu merencanakan terlebih dahulu budget maupun batas kemampuan bayar sebelum membeli rumah, pastikan kita mengecek untuk pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki serta mengetahui seluk beluk pembayaran rumah sebelum kita membelinya. Hal ini dilakukan agar keputusan membeli rumah tidak membebani kondisi finansial seperti kebutuhan pokok maupun kebutuhan lain yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagai informasi, bank biasanya mensyaratkan angsuran KPR per bulan maksimal sebesar 30% penghasilan bersih pribadi maupun gabungan antara suami dan istri. Ini bisa kamu jadikan patokan untuk batas kemampuan bayarmu, dengan catatan kamu maupun pasangan tidak memiliki utang lainnya ya. Disamping itu, perlu juga diperhatikan potensi dimasa depan seperti apa.

2. Cek Lokasi dan akses yang diinginkan

Langkah selanjutnya kamu bisa mulai menentukan lokasi rumah yang diinginkan. Penentuan lokasi ini dapat dipertimbangkan berdasarkan berbagai aspek, mulai dari pertimbangan atas lokasi yang tidak rawan banjir, memiliki akses yang mudah dan strategis, maupun pertimbangan atas kondisi air, bentuk tanah, hingga besarnya budget yang dimiliki sangat menentukan. Jangan lupa untuk mengecek fasilitas yang ada dan sumber air nya juga ya!

3. Gunakan agen properti

Apabila kamu kesulitan untuk membeli rumah, kamu bisa menggunakan jasa agen properti lho. Kamu juga bisa punya keleluasaan untuk mencari, membandingkan, dan langsung mengontak pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs tersebut. Untuk memudahkan kamu membuat keputusan, maka peran professional broker properti atau agen properti sangat dibutuhkan untuk memudahkan, mengurai kerumitan tersebut. Agen properti yang kompeten mampu memberi pertimbangan yang rasional, masuk akal, dan mengarahkan pada deal transaksi yang sama menguntungkan pembeli dan penjual rumah.

4. Pilih Pengembang atau Developer terpercaya

Dalam memilih rumah terlebih membelinya kepada pihak developer atau pengembang. Kita perlu memperhatikan aspek pemilihan pengembang atau developer terutama reputasi yang dimiliki. Developer atau pengembang memiliki peranan penting dalam transaksi properti. Oleh karenannya sangat penting bagi konsumen untuk lebih selektif menjatuhkan pilihan. Faktor perusahaan pengembang sangat penting. Sebab dengan perusahaan inilah Anda melakukan hubungan hukum, baik pada taraf pemesanan rumah dengan perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) atau dengan akta jual beli (AJB) pada saat jual beli nanti dilaksanakan.

Baca juga Perubahan Teknologi Dalam Manajemen Penjualan 

5. Siapkan pilihan untuk design rumah

Setelah mendapatkan pilihan rumah yang diinginkan, kamu bisa langsung menyiapkan berbagai pilihan design rumah yang diinginkan. Tentu dalam menentukan pilihan design ada berbagai pilihan yang dapat anda terapkan pada hunian baru anda. Berikut

Baca juga Cara Menjual Rumah dengan Cepat Menggunakan Smart Estate Sales

Demikian tips yang dapat kamu coba sebelum membeli rumah yaa. Salam sukses!