9 Contoh Penerapan IoT dalam Aktivitas Sehari-hari

Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah internet of things (IoT). Penerapan IoT belakangan ini bukanlah hal yang baru, melainkan sudah meluas di berbagai bidang untuk membantu pekerjaan manusia.

Tanpa kita sadari, penerapan internet of things dalam kedihupan sehari-hari telah umum dilakukan guna mempermudah seluruh pekerjaan manusia. Sehingga kita dapat beraktivitas dengan lebih efektif dan efisien.

Banyak sekali benda-benda di sekitar kita yang telah terintegrasi satu sama lain melalui jaringan utama yaitu internet. Dengan internet dan sensor yang disematkan pada perangkat atau device, maka benda-benda tersebut dapat saling bertukar data dalam menjalankan fungsinya.

Lalu apa saja penerapan internet of things yang umum ditemui pada aktivitas sehari-hari? Simak lebih lengkapnya ulasan berikut ini!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Teknologi IoT

1. Smart Light (Lampu Pintar)

Smart light
Smart light

Saat ini terdapat banyak rumah yang telah mengadopsi konsep smart home atau rumah pintar. Hal ini memungkinka penghuninya memiliki banyak benda-benda yang saling terkoneksi seperti smart light.

Teknologi smart light memungkinkan Anda tidak perlu lagi menyalakan lampu secara manual, melainkan dapat mengontrolnya dari jarak jauh menggukan aplikasi.

Selain itu, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan lampu dan warna yang Anda sukai. Tentunya teknologi smart light ini merupakan salah satu penerapan IoT yang paling umum ditemui.

2. Smart Door Lock

Smart door
Smart door

Pada ranah privasi, terdapat teknologi IoT yang diberi nama smart door lock. Fungsi dari alat ini yaitu sebagai pengaman pada pintu rumah Anda dengan menggunakan sensor biometrik maupun kode manual.

Sensor yang disematkan pada smart door lock telah terintegrasi dengan aplikasi yang memudahkan penghuni rumah. Anda dapat mengetahui jika ada seseorang yang berusaha membuka pintu secara mencurigakan sehingga dapat melakukan respon dengan cepat.

3. Security Camera

CCTV-Outdoor-Camera
CCTV

Kamera pengaman atau CCTV merupakan salah satu penerapan IoT yang umum ditemui. Security camera dapat digunakan di mana saja baik itu di dalam rumah maupun di tempat umum.

Saat ini banyak kamera CCTV yang telah terhubung dengan aplikasi. Sehingga Anda dapat melakukan kontrol secara real-time pada kamera yang telah Anda pasang. Sehingg Anda dapat melakukan tindakan langsung jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Robot Vacuum

Robot vacuum
Robot vacuum (Foto: kompas.com)

Bukankah hal yang menarik jika Anda dapat membersihkan rumah tanpa harus bergerak? Itulah kegunaan dari robot vacuum yang menjadi salah satu perangkat IoT.

Robot vacuum dapat melakukan tugas seperti menyapu dan mengepel lantai yang kotor menggunakan sensor secara otomatis. Alat ini akan mendeteksi permukaan yang kotor untuk segera dilakukan pembersihan. Penerapan IoT yang satu ini sangat menarik untuk dicoba.

5. Kulkas Pintar

Smart fridge (Foto: tech.hindustantimes.com)

Masih merupakan perangkat IoT yang terdapat di dalam rumah, kulkas pintar merupakan kulkas yang telah disematkan teknologi AI yang canggih. Kulkas ini dapat melihat stok makanan dan minuman di dalamnya tanpa Anda harus membukanya.

Selain itu, kulkas pintar juga dapat memberitahu Anda barang-barang yang akan habis agar Anda dapat melakukan stok ulang untuk membelinya. Tentunya penerapa IoT menggunakan kulkas pintar menjadi salah satu Andalan pada saat ini.

6. Smart Driving

Smart driving
Smart driving

Selain di dalam rumah, penerapan IoT juga berkembang pada sektor transportasi seperti smart driving yang saat ini kian marak digunakan. Smart driving membantu Anda dalam melakukan navigasi kendaraan seperti Google Maps, Waze, dan lain-lain.

Anda dapat menggunakan ponsel pribadi Anda maupun head unit yang telah disematkan navigasi di dalam mobil Anda. Tentunya semua perangkat ini harus terkoneksi dengan internet sehingga perangkat dapat berjalan dengan optimal.

7. Alat Kesehatan

IoT di bidang kesehatan
IoT di bidang kesehatan

Penerapan IoT menjadi sangat krusial belakangan ini dalam bidang kesehatan. Hal ini karena dengan menerapkan IoT pada alat-alat kesehatan dapat membantu memberikan data yang lebih cepat dan akurat sehingga diagnosis yang dilakukan menjadi semakin cermat.

Alat kesehatan yang terintegrasi dengan IoT dapat melakukan monitoring kerja jantung jauh lebih baik dan melakukan hasil x-ray lebih akurat. Inila penerapan IoT yang sangat perlu diperluas di bidang kesehatan.

8. Healthcare Monitoring

Smartwatch
Smartwatch

Penggunaan IoT di bidang kesehatan tidak hanya terdapat di rumah sakit atau fasilitas kesehatan saja, melainkan dapat Anda miliki secara pribadi. Healthcare monitoring umumnya berbentuk sebagai jam yang memiliki fitur-fitur kesehatan seperti memantau tekanan darah, detak jantung, hingga kadar oksigen.

Selain itu, penerapan IoT yang satu ini dapat memberikan rekomendasi kepada Anda mengenai jam tidur yang terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

9. Sistem Tilang Elektronik

Tilang elektronik
Tilang elektronik

Penerapan sistem tilang belakangan ini telah bergerak ke arah digital dimana telah menggunakan sistem tilang elektronik. Sistem tilang elektronik masuk ke dalam ekosistem IoT yang sangat membantu tugas polisi.

Cara kerjanya adalah melalui rekaman yang dilakukan oleh CCTV di jalan dan merekam pengendara yang melakukan pelanggaran. Nantinya pihak kepolisian akan mencocokannya dengan BPKB pengguna dan mengantarkan surat tilang.

Kesimpulan

Penerapan IoT kian marak di berbagai bidang kehidupan sehari-hari kita saat ini. Mulai dari dalam rumah hingga mencakup bidang yang luas seperti transportasi dan kesehatan. Tentunya penerapan IoT memberikan kemudahan dan efisiensi pada seluruh aktivitas manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai penerapan IoT yang perlu Anda pahami. Dengan internet of things (IoT) segala pekerjaan dapat dilakukan dengan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat.