Mengenal Apa Itu Teknologi IoT

Perkembangan teknologi dunia saat ini semakin berkembang ke arah yang menakjubkan, terdapat banyak terobosan terbaru seperti internet of things (IoT). Meskipun demikian, internet of things sebenarnya telah dikembangkan sejak lama.

Tentunya terdapat banyak sekali aktivitas manusia yang terbantu dengan adanya penerapan teknologi ini di berbagai bidang. Mulai dari rumah pribadi hingga kantor telah menerapkan internet of things yang dirancang untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahasnya lebih dalam mulai dari pengertian, unsur, cara kerja, hingga manfaatnya bagi kehidupan. Simak ulasan artikel berikut ini!

Apa Itu IoT?

Internet of Things
Internet of Things

Internet of things atau IoT adalah sebuah teknologi yang memungkinkan tiap objeknya mampu berkirim data melalui koneksi internet tanpa bantuan komputer maupun manusia.

Istilah ini awalnya dikenalkan oleh ahli teknologi asal Inggris bernama Kevin Ashton. Ia mendeskripsikan teknologi semacam ini sebagai “mata” dan “telinga” dari sebuah komputer.

Setiap benda atau objek dalam konsep teknologi ini telah diberikan sensor dan software yang dapat berkomunikasi, menghubungkan, mengendalikan, serta bertukar data dengan perangkat lain. Namun, semua itu dapat dilakukan selama seluruh perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Hal inilah yang disebut dengan internet of things dimana internet memainkan peran sentral dalam mengendalikan seluruh perangkat atau device yang ada. Dengan begitu banyak pekerjaan manusia yang dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan efisien.

Baca juga: Smart Office dengan Teknologi IoT Tingkat Produktivitas Kerja

Unsur dalam Ekosistem IoT

Dalam suatu ekosistem internet of things, terdapat beberapa perangkat yang menjadi unsur-unsur penting untuk memainkan peran pendukung di dalamnya. Berikut beberapa unsur internet of things yang perlu Anda ketahui:

Sensor

Unsur sensor menjadi unsur yang krusial dalam sebuah ekosistem IoT. Dengan sensor ini membuat benda atau device menjadi canggih yang dapat mengubah benda menjadi aktif dan terintegrasi.

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga sensor dari setiap device yang terkoneksi agar device tersebut dapat bekerja dengan optimal. Jika sebuah device mengalami kerusakan pada titik sensornya, maka device tersebut tidak dapat bekerja seperti yang seharusnya.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Sistem kecerdasan buatan adalah sebuah sistem yang dirancang agar sebuah device memiliki sedikit kecerdasan dari manusia untuk membantu pekerjaan manusia. Program AI ini ada banyak sekali macamnya seperti machine learning.

Hampir semua device dalam ekosistem internet of things disematkan sistem AI. Tugas utama dari AI ialah mengumpulkan data, kemudian merancang dan mengembangkan algoritma, dan pemasangan jaringan. Sehingga device tersebut dapat bekerja seperti yang seharusnya.

Konektivitas

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan bahwa internet of things sangat bergantung pada internet. Maka salah satu unsur terpentingnya yaitu konektivitas.

Dalam ekosistem IoT, terdapat jaringan yang dibuat khusus untuk device yang digunakan atau menggunakan jaringan yang telah ada sebelumnya.

Semakin cepat konektivitas yang didapatkan, maka semakin optimal seluruh perangkat yang terhubung untuk saling bekerja. Oleh karena itu, konektivitas menjadi unsur yang vital bagi setiap ekosistem internet of things.

Bagaimana Cara Kerja IoT?

Cara kerja IoT
Cara kerja IoT

Setelah memahami pengertian dan unsur yang membentuk internet of things, maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara kerjanya.

Ringkasnya, internet of things bekerja dengan memanfaatkan perintah pemrograman yang tiap-tiap perintahnya dapat menghasilkan interaksi sesama device secara otomatis tanpa adanya intervensi oleh pengguna.

Hal ini sangat mungkin dilakukan berkat peran jaringan internet yang menjadi penghubung antara sistem dengan seluruh perangkat yang ada.

Sementara itu, manusia dalam hal ini hanya menjadi monitor yang melakukan kontrol atas seluruh perangkat yang ada saat device sedang bekerja.

Manfaat Penerapan IoT

Tentunya ketika menerapkan internet of things, terdapat berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh, seperti:

1. Memudahkan Pekerjaan

Manfaat yang paling utama dalam penerapan sistem internet of things adalah untuk memudahkan pekerjaan. Tentunya dengan dimudahkan oleh perangkat internet of things, maka Anda dapat mencapai efisiensi kerja yang optimal.

Semakin banyak konektivitas yang Anda miliki, maka semakin sedikit waktu yang Anda butuhka untuk melakukan tugas tertentu. Dengan begitu seluruh pekerjaan dan aktivitas manusia menjadi lebih efisien dengan dibantu oleh perangkat IoT.

2. Memudahkan Konektivitas

Manfaat selanjutnya adalah untuk memudahkan konektivitas antara perangkat atau device. Semakin baik jaringan yang dimiliki, maka semakin cepat perangkat tersebut bekerja dan optimal.

Hal ini penting bagi Anda yang ingin mengoperasi banyak perangkat secara terpusat hanya dengan satu perangkat mobile.

3. Meningkatkan Efisiensi Monitoring Kegiatan

Internet of things dapat berfungsi untuk efektivitas dalam monitoring sebuah pekerjaan yang sedang berjalan. Selain itu, teknologi AI mampu memberikan rekomendasi pekerjaan yang lebih mudah kepada penggunanya.

Contoh IoT

Ada banyak sekali contoh IoT yang dapat Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh internet of things yang sering ditemui di berbagai bidang:

1. Bidang Energi

Dalam penerapannya di bidang energi, internet of things mampu mengurangi beragam risiko polusi atau pencemaran dan pemborosan energi.

Misalnya saja ketika Anda menggunakan perangkat motion sensors yang Anda pasang di kamar mandi. Sehingga, ketika Anda masuk ke dalam kamar mandi, lampu akan menyala dengan otomatis tanpa perlu menyalakan saklar.

Sementara itu, jika tidak ada gerakan dalam waktu tertentu, maka device akan membaca ruangan kamar mandi tersebut kosong dan lampu akan otomatis mati. Hal inilah salah satu contoh penerapan internet of things di bidang energi.

2. Bidang Kesehatan

Penerapan ekosistem internet of things kini banyak diterapkan pada bidang kesehatan. Saat ini, banyak rumah sakit yang memiliki perangkat medis yang advance guna membantu tenaga medis dan dokter itu sendiri.

Salah satu perangkat yang digunakan yaitu alat pembantu pendaat detak jantung, alat pengukur kadar gula, alat pengecek suhu, dan lainnya.

Alat-alat tersebut dapat memperoleh dan mengolah data secara akurat dan cepat sehingga menghasilkan keputusan yang tepat bagi tenaga medis dan dokter.

3. Bidang Transportasi

Pada bidang transportasi, penerapan sistem IoT memiliki kemajuan yang sangat pesat. Terbukti berbagai teknologi yang telah disematkan di beragam kendaraan hingga terdapat mobil yang dapat melakukan kemudi sendiri.

Hal inilah yang sangat membantu seluruh aktivitas pekerjaan manusia yang memanfaatkan jaringan inti internet.

Kesimpulan

Penggunaan internet of things atau IoT adalah hal yang sangat penting pada saat ini. Dengan memanfaatkan perangkat yang canggih dan konektivitas jaringan internet maka banyak aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Demikianlah pembahasan mengenai IoT yang perlu Anda perlu ketahui. Jika Anda tertarik untuk memperoleh perangkat-perangkat IoT, Anda dapat kunjungi halaman berikut ini.