Pengertian Jaringan Komputer Hingga Manfaatnya

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah jaringan komputer belakangan ini. Merupakan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung dan dapat berbagi sumber data secara instan.

Ada berbagai jenis dalam jaringan ini seperti halnya LAN, WAN, MAN, dan lain-lain yang memiliki fungsinya masing-masing. Setiap titik akhir dalam jaringan tersebut memiliki tanda pengenal yang umum disebut alamat IP atau media access control.

Agar Anda dapat memahami lebih jelas mengenai jaringan ini, artikel ini akan mengulasnya mulai dari pengertian, jenis, hingga manfaatnya. Simak ulasan artikel berikut ini.

Baca juga: Pahami Kecerdasan Buatan dan Apa Manfaatnya

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer
Jaringan komputer

Secara sederhana, pengertian jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang saling terkoneksi antar komputer untuk saling bertukar data dan berbagai sumber daya satu sama lain.

Jaringan ini memiliki tujuan utamanya yaitu agar setiap komputer yang terhubung dapat meminta dan memberikan layanan data yang diperlukan. Selain itu, jaringan ini dapat bersifat privat dan publik.

Jika sebuah jaringan bersifat privat, maka pengguna memerlukan akses kredensial berupa kata sandi yang diinput secara manual agar dapat masuk ke dalam jaringan tersebut. Sementara itu, jika sebuah jaringan bersifat publik maka jaringan tersebut tidak membatasi suatu akses tertentu dan dapat diakses oleh siapa saja.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Setelah Anda memahami pengertian dari jaringan ini, terdapat beberapa jenis yang juga Anda pahami, sebagai berikut:

1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan pertama yaitu PAN atau personal area network. Jaringan ini umumnya mencakup wilayah yang cukup kecil seperti kantor dan rumah. Pada umumnya, penggunaannya hanya berkisar untuk keperluan internet dan printer.

Untuk menjalankan jaringan PAN, biasanya tidak memerlukan resources yang besar sehingga tidak terlalu banyak perangkat yang diperlukan.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN merupakan salah satu jenis jaringan yang umum dijumpai. Memiliki fungi untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan yang relatif kecil.

Misalnya saja sebuah gedung kantor atau sekolah, umumnya berisi satu LAN. Meskipun terkadang terdapat satu gedung yang berisi beberapa LAN kecil yang saling terkoneksi (satu LAN per kamar) dan terkadang jaringan LAN menjangkau beberapa bangunan di dekatnya.

Jaringan LAN dikelola dan dikendalikan oleh satu orang atau organisasi tertentu. Umumnya mereka menggunakan teknologi konektivitas seperti Ethernet dan Token Ring. Selain itu, terdapat jaringan LAN yang menggunakan tekonolgi wireless yang dikenal sebagai Wireless Local Area Network (WLAN).

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis selanjutnya adalah metropolitan area network atau MAN. Jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN yang dapat menjangkau wilayah 10 km hingga 50 km.

MAN sangat baik digunakan untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota yang sama. Jaringan komputer yang satu ini menggunakan perangkat khusus serta kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar LAN.

4. WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN merupakan sebuah jaringan yang lebih besar dari MAN. Terdiri dari kumpulan LAN yang tersebar di berbagai wilayah. Pada jaringan IP, perangkat router menyimpan baik alamat LAN dan juga alamat WAN.

WAN menggunakan beberapa teknologi semacam ATM, Frame Relay, dan X.25 untuk menjangkau konektivitas yang lebih jauh.

5. CAN (Campus Area Network)

Dapat dikatakan jaringan CAN memiliki kemiripan dengan jaringan MAN. Hanya saja jaringan CAN terbatas pada wilayah gedung universitas tertentu. Jaringan ini tentunya digunakan hanya untuk keperluan akademis seperti email, ujian, pembaruan kelas, praktik, dan lain-lain.

6. VPN (Virual Private Network)

Jaringan VPN menawarkan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat menciptakan jalur yang aman untuk kebutuhan transmisi data.

Saat ini banyak tersedia aplikasi yang menyediakan jasa VPN baik secara berbayar maupun gratis untuk keperluan transmisi data yang aman.

7. Internet

Jaringan komputer yang terakhir adalah jaringan internet. Merupakan sebuah jaringan terbesar yang dibuat oleh manusia. Internet memiliki jangkauan ke seluruh penjuru bumi yang dapat menghubungkan jutaan perangkat seperti PC, laptop, smart phone, tablet, TV, dan lainnya.

Internet terbuka untuk semua orang sehingga banyak sekali perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan ini. Meskipun demikian, jaringan internet menjadi salah satu jaringan yang paling tidak aman karena setiap orang dapat melakukan akses ke dalamnya.

Jenis Perangkat pada Jaringan Komputer

Perangkat jaringan
Perangkat jaringan

Guna mengopitmalkan kinerja sistem jaringan, saat ini banyak sekali perangkat yang tersedia pada sebuah jaringan komputer. Berikut beberapa perangkat yang umum Anda temukan:

1. Server

Perangkat yang pertama yaitu server yang berfungsi sebagai media untuk menyimpan informasi dan mengelola jaringan. Umumnya, perangkat ini memiliki spesifikasi yang tinggi agar mumpuni dalam mengelola dan melayani komputer client.

2. Router

Perangkat router memiliki peran sebagai penghubung jaringan kabel LAN dengan jaringan nirkabel WAN. Selain itu router dapat mengelola traffic data dalam jaringan tersebut.

3. Modem

Perangkat modem adalah device yang berfungsi menghubungkan antara perangkat komputer dengan penyedia jasa layanan internet (ISP).

4. NIC (Network Interface Card)

Sering disebut juga sebagai LAN Card Expansion Board yang digunakan agar sebuah komputer dapat terhubung dengan jaringan.

5. Kabel Jaringan

Salah satu media untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan yaitu kabel jaringan. Terdapat beragam jenis kabel jaringan untuk membuat saluran jaringan seperti kabel fiber optic, kabel coaxial, dan kabel twisted pair.

6. Hub dan Switch

Perangkat hub dan switch pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama yaitu menghubungkan beberapa komputer ke dalam satu jaringan tertentu. Namun keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Secara fisik, perangkat switch mirip dengan hub, namun secara logika perangkat ini lebih mirip dengan bridge.

7. Bridge

Salah satu perangkat yang cukup penting pada jaringan adalah bridge. Bridge berfungsu untuk meneruskan traffic atau lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi data yang didapatkan pada sebuah data link.

Selain itu, bridge juga dapat membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan-jaringan kecil.

8. Repeater

Alat ini berfungsi untuk memperkuat serta meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan intergritas dari sinyal jaringan yang ada. Namun memiliki kelemahan yaitu tidak dapat memfilter traffic dalam jaringan.

9. Wireless Card

Salah satu perangkat yang wajib yaitu wireless card. Digunakan apabila Anda ingin terhubung dengan jaringan wireless atau nirkabel. Rata-rata jenis komputer terbaru telah dilengkapi dengan perangkat ini sehingga dapat menerima dan mengirim sinyal secara nirkabel.

Baca juga: Perangkat Lunak: Pengertian dan Contohnya

Manfaat Jaringan Komputer

Ada serangkaian manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan jaringan komputer, baik itu untuk perusahaan maupun pengguna pribadi. Berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui:

1. Berbagi Sumber Daya (Resource)

Manfaat utama dari jaringan ini adalah pengguna dapat berbagi sumber daya secara instan ke beberapa komputer lain menggunakan internet.

Anda dapat melakukan penyebaran data dengan menggunakan kabel data maupun nirkabel. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  • Data backup: melakukan pencadangan data dari suatu perangkat melalui jaringan internet. Hal ini dapat mengamankan data dari kerusakan dan juga kehilangan akibat hal-hal yang tidak terduga.
  • Data sharing: jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagi data menggunakan beberapa perangkat. Data yang dapat dikirim meliputi dokumen, aplikasi, video, dan lain-lain tanpa melakukan penyalinan data secara manual.
  • Hardware sharing: memungkinkan sebuah perangkat dapat diakses oleh pengguna lain yang masih dalam satu jaringan yang sama.

2. Menyampaikan Informasi Secara Cepat

Di era modern saat ini, penting bagi kita untuk dapat berbagi data secara cepat dan akurat. Hal inilah yang menjadi salah satu manfaat penggunaan jaringan. Anda dapat menyampaikan informasi dalam jumlah besar secara cepat tanpa batasan waktu dan tempat.

3. Mempermudah Komunikasi

Jaringan atau networking yang telah dibangun tentunya dapat memudahkan komunikasi antar tim atau orang lain yang berada pada wilayan yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi segala sesuatu yang mungkin terjadi pada perusahaan Anda dengan cepat melalui komunikasi via jaringan.

4. Meningkatkan Keamanan Data

Keamanan data adalah hal yang sangat vital pada era internet saat ini. Jaringan komputer dapat dimanfaatkan guna meningkatkan keamanan data dari segala potensi kehilangan dan pencurian data.

Beragam sistem seperti SQL, MongoDB, dan lain-lain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi keamanan data yang lebih baik.

5. Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Manfaat yang terakhir yaitu tentunya dapat meudahkan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya jaringan, setiap orang dapat saling terhubung dan melakukan komunikasi yang efektif.

Anda dapat menerima dan mengirimkan data yang tidak terbatas pada waktu dan tempat di seluruh dunia.

Kesimpulan

Jaringan komputer merupakan suatu hal yang sangat penting di era modern saat ini. Terdapat berbagai jenis jaringan mulai dari yang cakupannya kecil hingga besar yang memiliki fungsinya masing-masing.

Dengan jaringan komputer, maka ada banyak sekali aktivitas yang dimudahkan karena dapat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain yang jaraknya jauh.

Demikianlah pembahasan mengenai jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.