fbpx

Perubahan Teknologi dalam Manajemen Penjualan

Teknologi dalam manajemen penjualan menjadi semakin penting. Anda ingin mencapai volume penjualan sebanyak mungkin dan mendapatkan laba besar? Jika memang begitu, maka Anda harus menguasai dan menerapkan manajemen penjualan yang efektif dan efisien.

Mari simak pembahasan di bawah ini mengenai 4 Faktor kunci perubahan teknologi dalam manajemen penjualan. Menurut American Marketing Association manajemen penjualan bisa dimaknai sebagai rangkaian kegiatan yang meliputi proses perencanaan, pengarahan, hingga pengawasan penjualan personal. Hal ini mencakup berbagai aktivitas pemilihan perlengkapan, penentuan rute, pengawasan dan supervisi, hingga proses pembayaran yang dilakukan oleh para tenaga kerja penjualan.

Teknologi Manajemen Penjualan

Dengan kata lain manajemen penjualan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan pengendalian terhadap aktivitas menjual sebuah perusahaan melalui tenaga kerja penjualan. Agar aktivitas penjualan berjalan lancar, maka Anda mesti memahami tahap-tahap dalam manajemen penjualan berikut ini.

Pada tahap pertama ini tenaga penjualan harus mengetahui dan memahami semua hal tentang produk yang akan ditawarkan, seperti profil produk, pasar produk, teknik penjualan, dan persaingan. Setelah memahami produk, tenaga penjualan juga mesti mengetahui calon pembeli potensial. Salah satu caranya, tenaga penjualan bisa memeriksa daftar pelanggan terdahulu dan masa kini. Lalu menyusun daftar calon pelanggan potensial berdasarkan produk yang akan ditawarkan. Pada tahap ini tenaga penjualan harus mengetahui beberapa hal detail terkait calon pembeli potensial. Hal detail itu antara lain produk yang dipakai calon konsumen dan respons mereka terhadap suatu produk. Informasi semacam itu diperlukan tenaga penjualan sehingga mereka dapat menyesuaikan teknik penjualan yang tepat kepada calon konsumen tersebut. Tenaga penjualan wajib menarik perhatian calon pembeli. Selain itu tenaga penjualan  berusaha sungguh-sungguh menjelaskan pentingnya produk yang ditawarkan sebagai pemenuhan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

Baca juga 8 Tips Efektif untuk Meningkatkan Bisnis Properti

Teknik penjualan merupakan cara penjual mendapatkan konsumen. Terdapat lima teknik penjualan yang harus dikuasai agar tujuan penjualan berhasil. Pertama Anda harus menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kedua sasarlah pasar khusus seperti individu tertentu dan pasar tersegmentasi. Teknik ketiga adalah menetapkan posisi pasar. Lalu menetapkan strategi penjualan dalam persaingan termasuk teknik penjualan keempat. Adapun yang kelima yaitu memilih strategi penjualan yang paling tepat menyesuaikan dengan profil konsumen yang disasar.

Dari uraian tersebut Anda juga bisa mengartikan manajemen penjualan sebagai suatu komunikasi antara penjual dan calon pembeli untuk menawarkan sebuah produk (barang atau jasa) supaya bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan calon konsumen.

Baca juga Tips Membeli Rumah untuk Milenial dengan Mudah

Manajemen penjualan sangat penting untuk dipelajari karena kelemahan dalam bidang penjualan berdampak langsung bagi perusahaan. Sejatinya setiap orang dan perusahaan adalah penjual.

Catat juga setiap penjualan dan pembelian yang dilakukan bisnis pada sistem pembukuan yang detail dan terencana. Tanpa pembukuan yang baik, seluruh alur pengeluaran pemasukan dan pengeluaran bisnis tidak akan terpantau secara optimal dan tentunya akan menimbulkan kerugian pada bisnis Anda.

Untuk memudahkan proses penjualan mengen, Anda bisa menggunakan software ini dengan pengoperasian yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. PT. Lyrid Prima Indonesia hadir sebagai Konsultan IT yang dapat memenuhi kebutuhan solusi bisnis anda. Salam Sukses!