Smart Home dan Manfaatnya bagi Hunian Anda

Mengenal smart home untuk hunian anda

Beberapa tahun belakangan istilah rumah pintar atau smart home makin santer terdengar. Hal ini seiring dengan berkembangnya inovasi teknologi yang membawa kepraktisan tidak hanya dalam urusan bisnis dan pekerjaan melainkan juga urusan domestik alias rumah. Tuntutan tersebut yang kemudian diwujudkan pengembang dalam membangun produk perumahan maupun apartemen baru.Embel ‘smart home’ pun seolah mampu menjadi booster dalam menaikkan harga jual rumahnya. Wajar saja, sebab instalasi dalam pemasangan sistem rumah pintar tidak bisa dikatakan murah. Akan tetapi, bagi sebagian orang hal ini justru sepadan dengan apa yang akan didapat yakni kemudahan dan keamanan lebih mumpuni.

Sistem smart home adalah sistem canggih yang sangat berguna bagi hunian anda

Sistem rumah pintar sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi. Di mana teknologi yang disematkan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari mana saja dan kapan saja. Pengaturan dilakukan tentunya dengan mengandalkan koneksi internet dengan perangkat seluler (smartphone) sebagai media/remotnya.

Baca Juga Manfaat Aplikasi Smart Estate Management bagi Pengembang Properti

Oleh karenanya, sistem rumah pintar atau smart home system menghubungkan seluruh perangkat di rumah, sehingga memungkinkan penghuninya untuk mengontrol beragam fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu ruangan, pencahayaan, mengaktifkan AC, mematikan TV bahkan home theater dari jarak jauh. Secara tampilan, rumah yang dilengkapi sistem rumah pintar nampak tidak berbeda dengan rumah konvensional.

Baca juga Mengenal Sistem Smart Home by Lyrid dan Keunggulannya

Menariknya lagi, ada pula yang menyematkan fitur mood lamp di sistem rumah pintar. Fitur ini berfungsi mengubah warna lampu di dalam ruangan, serta dapat diatur lebih terang atau lebih redup sesuai dengan kebutuhan si penghuni. Berbagai kemudahan tersebut tentunya membuat keberadaan smart home system memberi kenyamanan mumpuni. Bahkan ketika si penghuni meninggalkan rumah, mereka tak perlu khawatir karena bisa mengontrol sistem keamanannya setiap saat.

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

Kendati memberi kenyamanan, kemudahan, dan kepraktisan gaya hidup yang ideal bagi masyarakat modern, smart home system pun tak luput dari kelebihan dan kekurangan. 

  • Kelebihan Smart Home 

Memasang sistem teknologi smart home membawa ketentraman bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, mengontrol berbagai perangkat seperti lampu dan AC tidak butuh remote nya masing-masing. Hanya dengan satu smartphone dan juga aplikasi, semua hal bisa dilakukan secara cepat.

Belum lagi, sistem tersebut memungkinkan adanya notifikasi yang muncul melalui ponsel apabila ada masalah di rumah. Misalnya, bel smart door lock  yang mampu membuat pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan tamu  yang datang ke rumah, bahkan saat mereka sedang tidak berada di rumah. Atau fitur deteksi asap yang langsung muncul di notifikasi pada aplikasi smart home untuk menginfokan penghuni akan ancaman kebakaran.

Penggunaan sistem rumah pintar memungkinkan pemilik rumah bisa mendapat keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Pasalnya peralatan dan elektronik dapat digunakan dengan lebih efisien, sehingga berimbas pada penurunan biaya listrik. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan smart home system, sehingga tak ada lagi ungkapan lupa mematikan AC atau lampu saat penghuni sudah meninggalkan rumah. Mau punya rumah yang sudah mengusung teknologi smart home system?

Baca juga 5 Tips untuk Mengotomatiskan Rumah Pintar Anda

Smart Home by Lyrid mengusung tema Connected Living dimana semua perangkat yang di otomasikan dengan satu aplikasi, hal ini diharapkan dapat mempermudah si pengguna tersebut dalam mengatur setiap perangkatnya

  • Kekurangan Smart Home

Meski sistem rumah pintar mampu menghemat biaya listrik, namun ternyata masih ada kekurangan dalam pengaplikasiannya. Di mana risiko keamanan dan bug acapkali mengganggu penggunanya. Apalagi saat ini makin banyak hacker alias peretas yang mahir, sehingga memungkinkan mereka memperoleh akses ke peralatan rumah pintar yang didukung internet.

Untuk menyiasati hal tersebut, langkah-langkah taktis untuk meminimalisir risiko sebenarnya bisa dipraktekkan seperti  melindungi peralatan dan perangkat pintar dengan kata sandi yang kuat, menggunakan enkripsi jika tersedia, dan pastikan hanya menghubungkan perangkat terpercaya ke jaringan salah satu penghuni rumah. Dengan demikian, maka kemungkinan sistem bocor bisa dihindari.

Kekurangan sistem rumah pintar lainnya adalah biaya pemasangan yang relatif mahal. Bisa mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel. Ditambah lagi, kemampuan dan kondisi listrik di Indonesia yang sering tidak stabil. Pasalnya jika jaringan listrik mati, diharapkan penghuni memiliki back-up dan safety system agar tidak terjebak di dalam rumah atau merusak sistem keamanan. Karena jika kejadian ini menimpa rumah, maka akan sangat membahayakan penghuni rumah yang sedang tidur atau bepergian.Lantas, apa sajakah rekomendasi smart home system terbaik saat ini? Lyrid Smart Home merupakan sebuah pola menjadikan segala sesuatu yang ada di dalam rumah terintegrasi dalam sistem software yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Perangkat ini dapat dikoneksikan dengan local server (offline) atau online.