Tantangan Utama Sistem dalam Industri Properti & Solusi Menghadapinya

sistem industri properti

Konsultan properti, Colliers Indonesia menyatakan tantangan industri real estate dalam beberapa tahun kedepan akan semakin berat. Namun, jika melihat industri ini secara positif meskipun terjadi sedikit perlambatan, pasar masih diprediksi terus tumbuh secara positif.

Di era pemerintahan Jokowi-JK, industri properti dan infrastruktur akan menjadi salah satu sektor industri paling berkembang, disamping sektor strategis seperti maritim dan ekonomi kreatif. Bisnis ini memang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain bisa mendapatkan keuntungan besar, juga dipastikan akan berjalan terus mengingat kebutuhan akan tempat tinggal yang tak pernah ada habisnya.

Baca Juga Strategi untuk Mengoptimalkan Manajemen Properti

Tantangan bagi properti yang wajib anda ketahui

Berikut ini adalah beberapa tantangan besar dalam industri properti saat ini serta solusinya

1. Mengikuti Permintaan Konsumen yang Berubah-Ubah

Preferensi konsumen akan selalu berubah-ubah, bahkan terkadang lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Anda harus bisa menyesuaikan produk Anda dengan permintaan konsumen. Selain musim dan tren, beberapa faktor lain seperti kondisi ekonomi, advertisement, dan kompetisi di industri retail juga mempengaruhi permintaan konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu selalu memperhatikan beberapa faktor ini untuk menghasilkan demand forecasting yang akurat. 

2. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Pengalaman pelanggan yang baik merupakan faktor utama dalam menciptakan loyalitas pelanggan terhadap brand. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh pengembang adalah membiarkan pelanggan lamanya pergi dan berpikir bahwa mereka bisa mudah menggantinya dengan pelanggan-pelanggan baru. Pola pikir seperti ini bisa membuat perusahaan Anda sulit bertahan lama.

Promosi dan penawaran khusus masih menjadi metode andalan pengembang untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik. Akan tetapi, kunci utamanya sebenarnya ada pada personalisasi. Untuk membuat pelanggan Anda loyal, Anda perlu mendekati mereka secara personal, misalnya dengan mengirimkan SMS dan email yang telah disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Sistem Smart Estate Sales bisa membantu Anda menyimpan data lengkap pelanggan Anda dan membantu mengirim email marketing yang dipersonalisasi secara lebih mudah.

3. Mengelola Komunikasi Internal

Bisnis retail memiliki operasi yang lumayan kompleks dan mengelola komunikasi internalnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Tantangan ini terutama dihadapi oleh perusahaan real estate berskala besar yang memiliki banyak divisi. Komunikasi yang tidak efisien antar divisi bisa menghambat kelancaran operasi bisnis properti.

Pebisnis properti harus memiliki suatu sistem untuk menyederhanakan proses komunikasi internalnya. Sistem Smart Estate Sales bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengelola komunikasi internal dalam perusahaan property. Perangkat lunak ini memudahkan Anda memusatkan seluruh operasi bisnis Anda dalam satu sistem, melihat laporan real-time yang lengkap dari setiap divisi, memberikan tugas kepada staf yang tepat secara otomatis, dan memastikan seluruh proses berjalan dengan semestinya.

4. Berpacu dengan Era Digital

Perilaku konsumen berubah dengan sangat cepat. Kini dengan semakin meningkatnya pertumbuhan digital marketing, konsumen lebih punya banyak pilihan sebelum membuat keputusan pembelian. Meskipun kehadiran sistem digital marketing memiliki efek pada perubahan perilaku konsumen, Mereka biasanya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar produk tersebut

5. Menemukan Solusi Teknologi Terbaik untuk Industri Real Estate

Pertama, produk yang dipilih tidak dibuat khusus untuk industri properti sehingga tidak dapat benar-benar bisa membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh pengembang. Kedua, produk yang dipilih sangat sulit untuk diimplementasikan sehingga bukannya memudahkan, malah justru membingungkan. Berinvestasi pada teknologi yang salah hanya akan menghambur-hamburkan uang perusahaan.

Baca juga 8 Tips Efektif Meningkatkan Bisnis Properti

Sebaiknya, Anda memilih sistem yang memang dibuat khusus untuk membantu Anda mengotomatiskan seluruh aktivitas dalam bisnis properti, seperti pengelolaan inventaris, pemasaran, pengontrolan pembelian, penanganan prospek dan pelanggan, dan lain-lain. Selain mudah digunakan, software yang Anda pilih sebaiknya juga memberikan kemudahan integrasi dengan sistem-sistem lainnya, misalnya integrasi dengan barcode, POS, dan lain-lain. Yang paling penting, Anda harus memahami kebutuhan Anda dengan sangat baik sehingga ini akan mempercepat Anda menemukan software yang tepat dan membantu Anda mengatur budget dengan lebih bijak.

Baca juga Tingkatkan Keuntungan Bisnis Properti dengan Sistem Smart Estate Sales

Lyrid Prima Indonesia adalah perusahaan konsultan dan layanan IT inovatif yang berbasis di Jakarta yang berfokus pada Layanan Software dan Hardware yang memiliki produk diantaranya Smart Estate Sales, Smart Estate Management, Inventory Sistem, Smart Home, Surveillance & Security System, Access Control, Cloud Based Digital Signage Software serta Custom Solution